PT KONTAK PERKASA FUTURES  – Mata uang digital Bitcoin menggebrak tahun 2017 dengan nilai melampaui US$ 1.000, setelah mengakhiri tahun 2016 sebagai mata uang dengan performa terbaik di dunia.

Bitcoin untuk pertama kalinya, mencapai nilai tertinggi dalam tiga tahun terakhir, dengan harga jual per koin mencapai nilai US$ 1.029, pada Selasa (3/1), menurut data CoinDesk.

Nilai Bitcoin telah mengalami kenaikan sebesar 125 persen sepanjang tahun 2016 dan mencapai nilai US$ 900 di akhir tahun. Dengan demikian, Bitcoin mengungguli semua mata uang lainnya yang diterbitkan oleh bank sentral.

Analis berpendapat bahwa lonjakan nilai Bitcoin tak lepas dari permintaan dari China yang cukup meningkat. Sementara, nilai mata uang Yuan, mengalami pelemahan sekitar 7 persen selama 2016. Kondisi tersebut lantas membuat nilai mata uang China menjadi yang paling lemah sepanjang 20 tahun terakhir.

Di sisi lain, Bitcoin dapat digunakan untuk memindahkan uang di seluruh dunia secara anonim dan tak perlu tunduk pada otoritas apa pun. Hal itu membuat mata uang ini menjadi menarik bagi pihak yang ingin berperan di sektor kontrol modal, seperti China.

Kendati demikian, fungsi semacam ini ternyata secara tak langsung juga menarik sejumlah pihak yang kekurangan stok uang tunai, seperti yang terjadi di India. Seperti diketahui, PM India Narendra Modi telah menghapus catatan bank dengan denominasi tinggi dari peredaran selama November 2016 hingga menyebabkan kekacauan di negara tersebut.

“Perang yang sedang terjadi di uang tunai, dan kontrol modal membuat Bitcoin terlihat menjanjikan. Kendati berisiko tinggi, bitcoin adalah alternatif yang layak,” kata Paul Gordon, anggota dewan Asosiasi Mata Uang Digital Inggris, seperti dikutip dari laman BBC di Jakarta, Kamis (5/1/2016).

Sebagai mata uang kripto (cryptocurrency) berbasis web yang tidak memiliki otoritas pusat, melainkan hanya mengandalkan ribuan komputer di seluruh dunia yang memvalidasi transaksi dan menambahkan Bitcoin baru ke sistem, Bitcoin melonjak 2,5 persen ke angka US$ 1.022 di Bitstamp, bursa berbasis di Eropa.

Nilai tukar yang begitu tinggi dari Bitcoin, juga dibarengi dengan banyaknya jumlah mata uang tersebut di peredaran. Ada sekitar 12,5 unit yang ditambahkan ke sistem setiap 10 menit. Total keseluruhan nilai itu diperkirakan mencapai di atas US$ 16 miliar. (hnm) –  PT KONTAK PERKASA FUTURES