PT KONTAK PERKASA FUTURES – Eropa punya juara baru bernama Portugal. Bagi Portugal, Piala Eropa 2016 sekaligus menjadi trofi internasional pertama mereka di level senior.

Dari 15 edisi Piala Eropa, yang mulai dihelat sejak 1960, Portugal menjadi negara ke-10 yang bisa memenanginya. Jerman dan Spanyol masih memegang rekor juara tersering sebanyak tiga kali, disusul Prancis dua kali.

Portugal merengkuh trofi Henry Delaunay setelah menundukkan Prancis 1-0 di Stade de France, Saint-Denis, Minggu (10/7) malam waktu setempat.

Kiprah tim berjulukan Selecao das Quinas itu di Piala Eropa terbilang konsisten di level atas. Dari enam partisipasi mereka di kejuaraan ini, Portugal selalu mencapai minimal perempatfinal. Bahkan pada debutnya di 1984, mereka langsung lolos ke semifinal.

Portugal termasuk negara di Eropa yang melahirkan banyak pesepakbola bintang. Satu generasi terbaik mereka adalah yang pernah menjuarai Piala Dunia U-20 tahun 1989 dan 1991, yang memunculkan nama-nama seperti Luis Figo, Rui Costa, Vitor Baia, Fernando Couto, Joao Pinto, Ricardo Sa Pinto, Abel Xavier, Sergio Conceicao, Maniche, Nuno Gomez, Pauleta, dan lain-lain.

Mereka juga sering memenangi turnamen antarnegara di level junior. Timnas U-19 mereka, misalnya, adalah juara Eropa tahun 1961, 1994, dan 1999. Di tahun 2016 Portugal juga menjuarai Piala Eropa U-17.

Meski demikian, Portugal baru kali ini menjuarai turnamen besar di level senior. Di Piala Dunia, pencapaian terbaik mereka adalah babak semifinal sebanyak dua kali, yakni di tahun 1966 dan 2006.

Rekor Portugal di Piala Eropa

Rekor juara Piala Eropa

Rekor Portugal di Piala Dunia

(hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES