Gilas Juara Bertahan, Persipura ke SemifinalJayapura – Persipura Jayapura sukses melaju ke babak semifinal Piala AFC. Robertino Pugliara mengemas hat-trick, tim ‘Mutiara Hitam’ menang 6-1 atas sang juara bertahan, Kuwait SC.

Saat melakoni pertandingan di Stadion Mandala, Jayapura, tim besutan Jakcsen F. Tiago itu langsung tancap gas. Hasilnya, Persipura langsung menuai gol lewat Pugliara di menit kedua.

Berawal dari kemelut di muka gawang tim tamu, Pugliara yang ada di muka gawang mampu mengontrol bola dengan paha lebih dulu. Meski membelakangi gawang, pemain asal Argentina itu bisa melepaskan sepakan salto yang masuk ke gawang Kuwait SC.

Jakcsen harus mengganti pemain pada menit 18. Bio Paulin mengalami masalah pada kakinya, hingga harus ditarik keluar. Dominggus Fakdawer menjadi penggantinga.

Di menit 25, Gerald Pangkali menyia-nyiakan kans. Menyambut umpan silang dari sayap kiri, sepakan first time yang dilakukannya dari dalam kotak penalti masih melesat jauh.

Persipura kembali melewatkan kans untuk menambah gol di menit 37. Titus Bonai gagal memanfaatkan umpan dari Boaz Salossa.

Boaz mencatatkan namanya di papan skor pada menit 40. Dia yang melihat kiper Kuwait SC sudah dalam posisi yang salah, lalu melepaskan sepakan jauh yang berbuah gol kedua.

Di masa injury time babak pertama, Pugliara mencetak gol kedua ke gawang Kuwait SC. Menyambut umpan mendatar dari Tibo di sisi sayap kanan, Pugliara dengan tenang menaklukan Kandari dari jarak dekat. Saat babak pertama selesai Persipura sudah unggul 3-0.

Enam menit setelah restart, Persipura menambah gol lagi. Tibo kali ini yang menjadi pencetak golnya.

Boaz melepasakan sepakan kaki kiri keras dari sisi kiri kotak penalti Kuwait SC, tapi bisa diblok Kandari. Tibo lalu menyambut bola rebound dengan segera. Persipura unggul 4-0.

Kuwait SC mampu membalas di menit 64. Berawal dari umpan silang di sisi sayap kiri, Ali Al Kandari mampu menyundul bola masuk ke gawang kawalan Yoo Jae-hoon.

Pugliara mencetak hat-trick dua menit kemudian. Setelah mengecoh barisan belakang Kuwait SC, dia melakukan sepakan terarah ke sisi kiri gawang yang dijaga oleh Kandari.

Kuwait SC kian terpuruk di menit 69. Fahad Al Rashidi diacungi kartu merah karena menendang Jae-hoon yang sudah menangkap bola dengan sempurna.

Persipura yang unggul pemain terus bisa menambah satu gol lagi di masa injury time. Gol itu dilesakkan oleh Ferinando Pahabol. Hingga pertandingan selesai tak ada gol tambahan. Persipura menang telah dengan skor akhir 6-1.

Kesuksesan Persipura melaju ke babak semifinal Piala AFC ini menjadi yang pertama bagi klub asal Indonesia di sepanjang sejarah keikutsertaan di ajang itu.

Persipura pernah lolos ke babak delapan besar pada tahun 2011, Arema Cronus melaju ke perempatfinal pada 2012. Sementara tahun lalu, giliran Semen Padang yang lolos ke babak delapan besar.

Kuwait SC sendiri memegang predikat sebagai tim tersukses di ajang Piala AFC. Mereka pengoleksi piala terbanyak di ajang ini dengan raihan tiga trofi.

Di babak semifinal, Persipura masih menunggu pemenang laga antara klub asal Bahrain, Al Hidd, melawan klub asal Kuwait lainnya, Al Qadsia. Keduanya mempunyai kans sama besar ke semifinal sebab bermain imbang 1-1 di leg I.

Susunan Pemain:

Persipura: Yoo Jae hoon, Bio, Anis Tjoe, Ruben, Tinus Pae, Gerald, Imanuel Wanggai, Lim Jun Sik, Robertino, Tibo, Boaz.

Kuwait SC: Al Kandari, Shaheen, L Jesus, Alenezi, Hammami, Jumah, Reza, R Bastos, Al Shammari, Al Sanea, Al Rashidi.

Artikel: kontakperkasa futures.