Gol Lewandowski di Detik-detik Akhir Hancurkan Harapan Skotlandia KontakPerkasa Futures, Polandia harus berjuang keras untuk bisa membawa pulang poin dari lawatannya ke markas Skotlandia. Gol kedua Robert Lewandowski di menit-menit akhir memaksa skor imbang 2-2 sekaligus menamatkan peluang lolos tuan rumah.

Pada laga Grup D Kualifikasi Piala Eropa 2016 yang dihelat di Hampden Park, Minggu (9/10/2015) dinihari WIB, Polandia yang bertindak sebagai tim tamu tampil dominan dengan menguasai 57 persen ball possesion serta membuat 15 tembakan dengan 9 on target.

Sementara itu, Skotlandia punya 11 tembakan dengan tujuh on target.

Tampil menyerang sejak menit awal, Polandia langsung unggul di menit ketiga ketika umpan terobosan Arkadiusz Milik membelah pertahanan Skotlandia, dan mampu didapat oleh Lewandowski. Sejenak menguasai bola, Lewandowski menaklukkan David Marshall lewat sepakan ke tiang dekat.

Setelah gol Lewandowski itu, Skotlandia tersengat dan lantas balik menekan Polandia untuk mencari gol penyama kedudukan.

Skotlandia akhirnya mendapatkan gol itu di masa injury time babak pertama lewat Matt Richie. Gelandang yang bermain di klub Premier League, Bournemouth, itu melepaskan sepakan kaki kiri dari dalam kotak penalti yang tak bisa dihalau Lukasz Fabianski.

Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Pertandingan kian seru di babak kedua di mana kedua tim saling bertukar serangan sebelum Skotlandia berbalik unggul 2-1 lewat gol Steven Fletcher di menit ke-62. Tembakan melengkung dari kaki Fletcher ke tiang jauh tak mampu dijangkau oleh Fabianski.

Laga tampaknya akan dimenangi Skotlandia sampai di detik-detik akhir jelang laga tuntas, bola rebound dari free kick Polandia yang menghantam tiang, dengan cepat disambar Lewandowski di depan gawang dan mengubah skor jadi 2-2.

Bagi Lewandowski ini adalah gol ke-12 di fase kualifikasi yang menjadikannya top skorer sementara atau gol ke-18 bersama klub serta tim nasionalnya musim ini.

Hasil tersebut lantas langsung mengirim Skotlandia masuk kotak dalam persaingan memperebutkan tiket lolos ke putaran final. Sebab, Skotlandia di posisi keempat dengan 12 poin tak mungkin lagi menyamai perolehan poin Republik Irlandia (18 poin) yang duduk di posisi ketiga, di satu laga tersisa.

Sementara itu, Polandia duduk di posisi kedua dengan 18 poin, unggul selisih gol dari Irlandia, dan tertinggal satu poin dari Jerman di puncak klasemen.

Siapa wakil dari Grup D akan ditentukan pada laga terakhir, Senin (12/10) dinihari WIB, mendatang. Polandia menjamu Irlandia, sementara Jerman menghadapi Georgia.

Susunan Pemain

Skotlandia: Marshall; Hutton, Martin, Hanley, Whittaker; Forrest (Dorrans 84′), D.Fletcher (McArthur 74′), Brown, Ritchie; S. Fletcher, Naismith (Maloney 69′)

Polandia: Fabianski; Glik, Piszczek, Pazdan, Mączynski; Krychowiak, Grosicki, Rybus (Wawrzyniak 71′), Blaszczykowski (Olkowski 83′); Milik, Lewandowski. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.