KONTAK PERKASA FUTURES  – Liverpool keluar sebagai pemenang Derby Merseyside di markas Everton dengan skor 1-0. Sadio Mane menjadi pahlawan Liverpool lewat golnya di injury time.

Pada pertandingan di Goodison Park, Selasa (20/12/2016) dinihari WIB, Everton sulit mengembangkan permainannya sehingga gagal menciptakan ancaman berarti ke gawang tim tamu. Sedangkan Liverpool tampil lebih baik di babak kedua.

ESPN mencatat Liverpool mendominasi permainan dengan menguasai 68% bola, dan menciptakan 11 percobaan (4 mengarah ke gawang). Sedangkan Everton hanya mampu melahirkan 6 percobaan (1 mengarah ke gawang).

Dengan kemenangan ini, The Reds kembali ke posisi kedua klasemen sementara usai mengumpulkan 37 poin, terpaut enam poin dari Chelsea di puncak dan unggul satu angka dari Manchester City serta tiga angka dari Arsenal.

Sementara itu, bagi Everton ini adalah kekalahan keempat dalam enam pertandingan liga terakhir. The Toffees kini menempati posisi kesembilan dengan perolehan 23 poin.

Jalannya Pertandingan

Permainan keras iperagakan kedua tim di menit-menit awal. Everton lebih dominan dengan menyerang sisi kiri pertahanan Liverpool.

Namun demikian, Liverpool menjaga daerah pertahanannya dengan solid. Alhasil, Everton baru bisa melakukan tembakan-tembakannya dari luar kotak penalti, yang tidak membahayakan gawang Simon Mignolet.

Seiring menurunnya tempo Everton, Liverpool mulai melancarkan serangan. Di menit 37, umpan silan Sadio Mane menemui Divock Origi, namun tembakannya dari depan gawang melebar jauh.

Menjelang turun minum, Everton memperoleh sepak pojok. Namun, sundulan Ramiro Funes Mori masih jauh dari sasaran.

Usai restart, Liverpool menciptakan peluang di menit 50. Diawali dari umpan jauh James Milner, Roberto Firmino meneruskan dengan sontekan kaki kanan, tapi Maarten Stekelenburg mampu melakukan penyelamatan.

Everton merespons empat menit kemudian. Umpan silang Gareth Barry diterima Lukaku, tapi sundulannya melambung tinggi di atas gawang Simon Mignolet.

Mane melakukan kerjasama satu-dua dengan Firmino, tapi bola terakhir mampu dicegat Everton. Hal ini berujung digantinya Stekelenburg setelah cedera akibat bertabrakan dengan Leighton Baines.

Everton akhirnya membuat shot on target di menit 75. Umpan Ross Barkley disambut sundulan oleh Ashley Williams, namun belum menguji Mignolet.

Liverpool berturut-turut menciptakan peluang lewat tendangan salto Firmino tiga menit kemudian. Firmino kembali mengancam setelah tembakan volinya ke sudut bawah memaksa Joel Robles melakukan penyelamatan.

Di masa injury time, Lukaku menggiring bola menusuk kotak penalti. Dalam tekanan sejumlah pemain belakang Liverpool, bola terlepas sehingga diamankan Mignolet.

Liverpool akhirnya memecah kebuntuan. Dari serangan balik, Daniel Sturridge melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang tidak mampu dijangkau Robles tapi membentur tiang jauh. Bola rebound buru-buru diceploskan Mane ke gawang sebelum bisa ditangkap si kiper. Liverpool ungguli Everton 1-0.

Liverpool nyaris menggandakan skor beberapa menit kemudian. Kerjasama Mane dengan Clyne diakhiri Firmino dengan tembakan kaki kanan ke arah gawang. Seamus Coleman bereaksi cepat untuk mengintersepsi.

Susunan Pemain

EVERTON: Stekelenburg (Robles 64′), Coleman, Funes Mori, Williams, Baines, Gueye, McCarthy (Barry 46′), Lennon, Barkley, Valencia (Calvert-Lewin 73′), Lukaku

LIVERPOOL: Mignonet, Clyne, Lovren, Klavan, Milner, Henderson, Wijnaldum, Lallana (Can 82′), Firmino, Mane (Lucas Leiva 90+8′), Origi (Sturridge 82′). (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES