Gol Payet di Penghujung Laga Menangkan Prancis atas Kamerun KontakPerkasa Futures, Prancis menempuh jalan rumit untuk mengatasi Kamerun di laga persahabatan. Butuh sebuah gol dari Dimitri Payet di masa injury time untuk memastikan menang 3-2.

Menjamu Kamerun di Stade de la Beaujoire, Selasa (31/5/2016) dinihari WIB, Prancis tampil dominan. Mereka tak cuma menguasai bola sebesar 65%, melainkan juga lebih banyak melepaskan ancaman.

Total ada 18 tembakan dilancarkan anak asuh Didier Deschamps dengan tujuh di antaranya tepat sasaran. Sedang Kamerun cuma punya sembilan upaya di mana tiga yang mengarah ke gawang seperti dicatat ESPN.

Meski demikian, Prancis lebih dahulu mendapatkan ancaman. Di menit ke-13, sepakan Karl Toko Ekambi memaksa Hugo Lloris melakukan penyelamatan.

Baru tujuh menit berselang, Prancis membuka keunggulan. Coman merangsek dari sisi kiri, melewati hadangan Edgar Salli, lalu melepaskan umpan silang yang disambar dengan tendangan voli Blaise Matuidi. Bola bersarang di pojok kiri gawang Joseph Ondoa.

Tapi keunggulan Prancis tak bertahan lama. Hanya dua menit berselang, Kamerun membalas melalui Vincent Aboubakar. Allan Nyom melakukan umpan satu-dua di kanan dan mengakhirinya dengan umpan silang mendatar. Aboubakar yang melepaskan diri dari penjagaan sukses menceploskannya ke dalam gawang.

Prancis kembali mengancam di menit ke-34, saat umpan tendangan bebas Dimitri Payet ditanduk Paul Pogba. Namun upaya Pogba ini masih berakhir tipis di kanan gawang.

Di menit ke-41, Prancis berhasil memimpin lagi. Dari sisi kanan, Pogba melepaskan umpan lambung terukur yang diselesaikan dengan tendangan first time Olivier Giroud. Babak pertama berakhir dengan skor 2-1.

Prancis melanjutkan tekanannya di babak kedua. Namun upaya dari Giroud dan Pogba masih bisa diamankan kiper. Sementara percobaan dari N’Golo Kante melebar.

Saat tampak akan menutup laga dengan nyaman, Prancis malah kebobolan di menit ke-88. Bermula dari umpan panjang kiper, bola diterima Anatole Abang tak jauh dari kotak penalti dan kemudian diteruskan ke Maxim Choupo-Moting yang tak terkawal. Choupo-Moting lantas dengan dingin menaklukkan Lloris.

Kedudukan kembali seimbang, tapi itu tak bertahan sampai laga tuntas. Jelang akhir pertandingan Prancis mendapatkan tendangan bebas, sedikit di sisi kanan. Payet maju sebagai eksekutor dan sepakannya bersarang ke pojok kiri gawang.

Kedudukan ini tak berubah lagi sampai pertandingan tuntas. Kemenangan ini melanjutkan laju posisi Prancis yang sebelumnya sudah lebih dulu merangkai kemenangan dari Belanda dan Rusia. Berikutnya mereka akan menghadapi Skotlandia di uji coba terakhir jelang fase grup.

Sementara itu, di pertandingan persahabatan lain sebelumnya, Swedia ditahan imbang 0-0 oleh Slovenia. Ini meneruskan laju tanpa kemenangan Swedia, yang sebelumnya kalah dari Turki dan berimbang kontra Republik Ceko.

Susunan pemain:

Prancis: Lloris, Koscielny, Rami, Evra, Sagna, Diarra (Kante 46), Matuidi, Pogba (Sissoko 65′), Giroud, (Gignac 65′), Payet, Coman (Cabaye 76′)

Kamerun: Ondoa, Teikeu, Chedjou (Mohamed ), Oyongo, Nyom, Mandjeck (Clinton Njie 70′), Enoh (Choupo-Moting), Ekambi (Kom 76′), Salli (Siani 46), Zoua, Aboubakar (Abang 70′). (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.