Google Translate Bisa Menerjemahkan Percakapan Suara ke TeksKontakPerkasa Futures, Raksasa mesin pencarian, Googgle akan meluncurkan fitur terbaru pada layanan penerjemah miliknya, Google Translate. Fitur terbaru tersebut dapat menterjemahkan secara otomatis dari percakapan suara ke dalam bentuk teks untuk beberapa bahasa.

Seperti dikutip dari Mashable, Google dapat menerjemahkan file dalam bentuk teks ke teks dengan 80 bahasa dan terjemahan dari suara ke teks namun tidak secara otomatis. Pengguna diharuskan memilih bahasa input yang diinginkan agar dapat bekerja sebelum menerjemahkan.

Dengan pembaruan pada layanan penerjemah milik Google tersebut, secara otomatis akan mendeteksi suara pengguna ketika berbicara dalam bahasa populer dan mengubahnya menjadi teks dalam bahasa yang dipilih.

Sebelumnya, Google telah mengumumkan rencana penggunaan teknologi ini pada Juli 2013 silam. “Teknologi ini masih memerlukan waktu beberapa tahun lagi agar semua bahasa dapat bekerja dengan maksimal, kecuali beberapa pasangan bahasa, termasuk bahasa Inggris dan Portugis yang bekerja hampir sempurna” tutur Wakil Presiden Manajemen Produk Android Google, Hugo Barra.

Meski terus melakukan pembaruan pada layanan terjemahannya selama bertahun-tahun, ternyata Google sedikit tertinggal oleh pesaingnya Skype dari Microsoft. Skype Microsoft telah meluncurkan Translator Preview pada Desember 2014 lalu.

Fitur ini sudah lebih dulu dapat menerjemahkan dari suara ke suara seketika dengan bahasa Inggris dan bahasa Spanyol. Pihak Google belum memberikan informasi secara pasti kapan fitur terbaru dari layanan penerjemahnya ini dapat dinikmati oleh penggunanya. (hnm)

 Artikel: kontakperkasa futures.