Gunakan Cara Ini agar Sayuran Tetap Cerah KontakPerkasa Futures, KETIKA mengolah masakan berbahan dasar sayuran, pasti Anda ingin masakan tetap memiliki warna cerah saat sudah matang. Ada cara untuk menyasatinya agar sayuran tetap terlihat segar meskipun sudah dalam keadaan matang.

Chef Suyanto dari Gran Melia Hotel Jakarta mengatakan, warna sayuran akan tetap segar dengan cara di-blanch. “Blanch sayuran bisa menjadi cara yang efektif untuk membuat warna sayuran tetap cerah,” kata Chef Suyanto di Jakarta.

Chef Suyanto menjelaskan, cara yang harus dilakukan cukup sederhana, yakni cukup merebus sayuran dalam air mendidih kemudian angkat dan celupkan dalam mangkuk berisi air dan es batu.

Sebelum mulai merebus sayuran, sebaiknya disiapkan terlebih dahulu air berisi es batu agar ketika sayuran direbus langsung bisa didinginkan. “Proses ini bisa membuat sayuran tetap terlihat segar baik dari tekstur maupun warnanya.

Proses blanch seperti ini mengehentikan proses pemasakan sayuran ketika sayuran dicelupkan ke dalam air es yang dingin. Cara ini juga sangat berguna ketika mengolah sayuran daun seperti bayam dan kangkung. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.