Hantam Maladewa 4-0, Timnas U-23 Lolos ke 16 BesarIncheon – Tim nasional Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak 16 besar Asian Games. Dalam laga kedua, tim ‘Merah Putih’ memetik kemenangan telak atas Maladewa dengan skor akhir 4-0.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Incheon Football Stadium, Kamis (19/9/2014) siang WIB, timnas U-23 unggul 1-0 saat babak pertama. Ramdani Lestaluhu merupakan pencetak golnya.

Di babak kedua, tim besutan Aji Santoso itu menambah tiga gol lagi. Ferdinand Sinaga mengemas dua, satu lagi dilesakkan oleh Bayu Gatra.

Dengan kemenangan ini, timnas U-23 untuk sementara menempati posisi pertama Grup E Asian Games dengan raihan enam poin. Mereka sudah dipastikan bakal lolos ke babak 16 besar.

Sementara itu, Maladewa yang di pertandingan sebelumnya juga takluk dari Thailand, dipastikan harus mengepak koper lebih awal.

Di babak 16 besar, timnas U-23 akan berhadapan dengan tim yang lolos dari Grup E, antara Korea Utara, Pakistan, atau China.

Jalannya pertandingan

 

Timnas U-23 mendapatkan peluang pertama di menit kelima. Tapi, sepakan Fandi Eko Utomo dari luar kotak penalti masih melenceng.

Semenit kemudian, kiper timnas U-23, Andritany Ardhiyasa, melakukan penyelamatan. Dia menangkap bola tendangan jauh pemain Maladewa.

Timnas U-23 membuka keunggulan atas Maladewa di menit 12. Ramdani mampu meloloskan diri dari jebakan offside saat menerima umpan dari sayap kiri.

Bisa mengontrol bola dengan sempurna, Ramdani lalu melepaskan sepakan keras dari jarak dekat yang gagal ditepis oleh Jazlaan Mohamed.

Ramdani mendapatkan kans kedua di menit 24. Sialnya, sepakan kerasnya menyambut umpan tarik Alfin Tuasalamony dari sayap kanan malah melesat jauh.

Pemain belakang Maladewa, Arif Mohamed, nyaris melakukan gol bunuh diri di menit 39. Dia memotong umpan Ramndani, tapi bola malah mengarah ke gawang sendiri. Beruntung, Jazlaan masih bisa mengantisipasi bola.

Fandi Eko Utomo mampu membobol gawang Maladewa di menit 40. Sial, dia sudah berdiri offside saat menyotek bola rebound hasil sepakan Ferdinand Sinaga.

Maladewa mengancam di menit 41. Tapi, Andritany bisa melakukan penyelamatan. Dia mampu memblok dengan sempurna bola sundulan Ali Amdhan.

Di menit-menit akhir babak pertama, Fandi membahayakan gawang Maladewa. Menyambut bola sodoran Ferdinand sepakannya masih bisa ditepis Jazlaan. Tak lama kemudian, wasit meniup peluit tanda babak pertama selesai

Empat menit usai restart, Indonesia menggandakan keunggulan. Ferdinand yang mencatatkan namanya di papan skor.

Ramdani mengirim umpan mendatar terukur dari sayap kanan, Ferdinand yang oleh komentator lebih sering disebut Alfred, mampu mengecoh pemain belakang sebelum mencetak gol. Timnas U-23 kini unggul 2-0.

Kerja sama Fandi dan Ferdinand nyaris membuahkan gol ketiga bagi timnas U-23 di menit 53. Sial, sepakan Fandi dari jarak dekat masih bisa dihalau oleh Jazlaan.

Tiga menit berselang, timnas U-23 sukses membukukan gol ketiga. Kali ini, Bayu Gatra yang menyarangkan bola ke gawang Jazlaan.

Bayu melakukan kerja sama satu-dua dengan Ferdinand di dalam kotak penalti, lalu melepaskan sepakan keras yang menghujam masuk ke gawang Maladewa.

Andritany lagi-lagi mampu melakukan penyelamatan gemilang di menit 62. Menghalau umpan silang pemain Maladewa, dia malah mengalami benturan hingga mendapatkan cedera. Akibat cedera itu, Andritany harus digantikan oleh Teguh Amirudin.

Ramdani nyaris membuat brace di menit 74. Sundulannya membelokan umpan bebas Dedi Kusnandar masih melebar.

Ferdinand memaksa Jazlaan untuk berjibaku semenit berselang. Sepakan bebas melengkung pemain asal Persib Bandung itu bisa ditepis.

Timnas U-23 mendapatkan hadiah penalti di menit 80, usai Alfin dijatuhkan oleh Mohamed Samdhooh. Ferdiand mengeksekusi penalti dengan sempurna untuk membawa skuat ‘Garuda Muda’ unggul empat gol.

Maladewa membalas serangan di menit 86. Irufaan Mohamed melakukan duel udara dengan Teguh, sebelum menyundul bola ke arah gawang timnas U-23. Tapi, bolanya masih melenceng.

Di sisa pertandingan tidak ada gol tambahan, timnas U-23 menang empat gol tanpa balas.

Susunan Pemain:

Timnas U-23: Andritany; Alfin, Manahati, Victor, Dany S; Jufriyanto, Dedi K; Bayu, Fandi; Ramdani; Ferdinand

Maladewa: Jazlaan; Numaan, Mohamed, Ali, Shafiu; Arif, Shifaz, Hamza, Yaamin, Irufaan; Abdullah.

Artikel: kontakperkasa futures.