Harga Ayam Melambung, 40 Persen Pedagang Gulung TikarJelang Bulan Ramadan, harga ayam potong di Bandung Raya (Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi) melonjak naik hingga mencapai angka Rp 34ribu.

Ketua Persatuan Pedagang Ayam Bandung, Yoyo Sutarya, mengatakan, sejak dua minggu terakhir harga ayam yang semula seharga Rp 26 ribu mulai melonjak naik hingga Rp 32-34 ribu perkilogram.

“Kenaikan itu mungkin saja karena pasokan barang sedang susah, dan ada juga kemungkinan monopoli dari DOC-nya,” kata Yoyo saat ditemui di Pasar Eks Bazar Matahari Cicadas, Kota Bandung.

Menurutnya, dengan melonjaknya harga tersebut pihaknya merasa keberatan. Bahkan hingga kini sekira 40 persen pedagang ayam di Bandung Raya sudah gulung tikar lantaran selalu merugi setiap harinya.

Dia mencontohkan, dari 100 pedagang ayam di Pasar Eks Bazar Matahari sekitar 40 diantaranya sudah guling tikar ‎sejak dua minggu lalu.

“Biasanya pedagang itu menjual 200-500 ekor ayam per harinya, tapi sekarang paling 150 ekor saja. Itu ppun kita asal ada, bar pelanggan tidak kecewa,” ungkapnya.

Pihaknya berharap pemerintah bisa segera turun tangan untuk mengantisipasi hal tersebut terus berlanjut. “Fenomena ini sudah hampir dua bulan terjadi. Kalau sampai nanti Idul Fitri masih terus berlanjut, mungkin harga ayam bisa mencapai Rp 40ribu‎,” jelasnya.

Lebih lanjut Yoyo menegaskan, jika pemerintah terus membiarkan hal tersebut terjadi maka para pedagang ayam akan melakukan aksi demo besar-besaran dan juga mogok berjualan.

Artikel: kontakperkasa futures.