PT KONTAK PERKASA FUTURES – Harga emas bergerak menguat di sesi perdagangan Eropa pada hari Rabu, dengan investor mencari peluang beli karena harga murah (bargain-hunting) setelah harga logam mulia jatuh ke level terendah dua minggu semalam.

Emas untuk pengiriman Agustus di divisi Comex Bursa Perdagangan New York merosot ke level terendah intraday di $1,328.10 per troy ounce, level yang tidak terlihat sejak 1 Juli. Harga terakhir diperdagangkan pada $1,341.65 pukul 13.49 WIB, naik $6,35, atau 0,48%.

Sehari sebelumnya, emas berkurang $21,30, atau 1,57%, penurunan harian terbesar dalam tiga bulan, dengan keuntungan yang tajam diraih pasar ekuitas global mengurangi permintaan untuk logam kuning.

Emas melonjak ke posisi tertinggi lebih dari dua tahun di $1,377.50 pekan lalu, dengan ketidakpastian pertumbuhan global mengikuti voting Inggris keluar dari Uni Eropa membuat investor membanjiri aset safe haven.

Namun, ketidakpastian atas pentas politik Inggris mulai berkurang setelah penunjukan Menteri Dalam Negeri Theresa May sebagai perdana menteri Inggris Raya yang baru. May dijadwalkan resmi menjabat sebagai perdana menteri pada Rabu malam, menggantikan David Cameron yang mengundurkan diri setelah Brexit bulan lalu.

May mengatakan ia berencana untuk mendirikan sebuah departemen pemerintahan baru untuk memimpin proses penarikan negara dari Uni Eropa. Namun, masih belum jelas kapan ia akan memicu Pasal 50, yang memulai proses penarikan dari Uni Eropa.

Harga logam kuning naik hampir 27% sepanjang tahun ini di tengah memudarnya ekspektasi kenaikan suku bunga Federal Reserve dan membesarnya harapan bahwa bank sentral di seluruh dunia akan meningkatkan stimulus moneter untuk menangkal goncangan ekonomi negatif dari Brexit.

Dua pejabat senior Fed Selasa mengatakan bahwa meskipun data upah pekerja non-pertanian AS lebih baik dari yang diperkirakan pekan lalu, bank sentral seharusnya tidak terburu-buru untuk menaikkan suku bunga.

Pelaku pasar menunggu komentar dari beberapa pejabat Fed nanti malam untuk menilai keseimbangan pendapat antara pembuat kebijakan terhadap prospek kenaikan suku bunga lebih lanjut.

Presiden Fed Dallas Rob Kaplan akan berpidato tentang perekonomian dunia pada kegiatan Dewan Urusan Dunia Houston pukul 20.00 WIB. Presiden Fed Philadelphia Patrick Harker dan Presiden Fed Cleveland Loretta Mester juga dijadwalkan untuk menyampaikan pandangan malam ini.

Juga di Comex, perak berjangka untuk pengiriman September naik 29,1 sen, atau 1,44%, diperdagangkan pada $20,46 per troy ounce di sesi awal perdagangan London, sementara tembaga berjangka naik 3,9 sen, atau 1,76%, ke $2,252 per pon. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES