PT KONTAK PERKASA  FUTURES – Harga emas tertarik mundur di sesi perdagangan Eropa pada hari Selasa, jatuh untuk pertama kalinya dalam tiga sesi karena investor mengunci keuntungan dengan aksi profit taking setelah emas naik ke level tertinggi sejak Juli 2014 dalam referendum Brexit mengejutkan minggu lalu.

Emas untuk pengiriman Agustus di divisi Comex Bursa Perdagangan New York turun $4,95, atau 0,37%, diperdagangkan di $1.319,95 per troy ounce pada pukul 13.45 WIB. Sehari sebelumnya, harga naik tipis $2,30, atau 0,17%.

Harga logam kuning melonjak ke puncak 27 bulan di $1,362.60 Jumat lalu, setelah hasil referendum Inggris Raya untuk keluar dari Uni Eropa membuat investor membanjiri emas dan aset safe haven lainnya.

Berita tersebut mengangkat kekhawatiran bahwa negara lain mungkin akan meninggalkan blok tersebut dan pertumbuhan global akan berada di bawah tekanan yang signifikan, sedangkan jangka waktu Inggris Raya keluar segera dari Uni Eropa masih tidak jelas.

Standard & Poor Senin mengumumkan bahwa mereka telah menurunkan rating kredit utang Inggris Raya dari “AAA” menjadi “AA,” mengutip referendum pekan lalu.

Logam mulia ini naik hampir 25% sepanjang tahun ini, didorong oleh kekhawatiran atas pertumbuhan global dan karena pelaku pasar menahan kembali harapan untuk kenaikan suku bunga AS berikutnya.

Di tempat lain di Comex, perak berjangka untuk pengiriman Agustus merosot 2,6 sen, atau 0,15%, diperdagangkan pada $17,74 per troy ounce selama sesi awal di London. Sementara itu tembaga berjangka melonjak 3,6 sen, atau 1,72%, ke $2,162 per pon. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES