PT KONTAK PERKASA FUTURES – Emas bergerak sedikit lebih lemah di awal sesi Asia pada hari Jumat dengan harga konsumen di China jadi fokus utama setelah data perdagangan dan manufaktur yang baru-baru ini dirilis optimis.

Di China angka CPI dijadwalkan dalam kenaikan 0,3% terlihat bulan-ke-bulan untuk Agustus dan laju 1,7% tahun-ke-tahun. Angka PPI diharapkan menurun 0,9% tahun-ke-tahun. Dalam beberapa bulan terakhir, Bank Rakyat China telah bergerak untuk memastikan likuiditas yang cukup dengan tekanan harga diutamakan.

Emas untuk pengiriman Desember di divisi Comex Bursa Perdagangan New York turun tipis 0,05% ke $1,340.95 per troy ounce.

Semalam, harga emas berjuang menentukan arah dalam perdagangan Amerika, karena investor mencerna data AS terbaru serta komentar dari Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi.

Jumlah orang yang mengajukan bantuan pengangguran di AS pekan lalu turun ke tujuh minggu terendah, tetap di wilayah terkait dengan pasar tenaga kerja yang sehat, ditunjukkan data resmi pada hari Kamis.

Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan jumlah orang yang mengajukan tunjangan pengangguran awal turun 4.000 ke 259.000 minggu lalu. Analis memperkirakan klaim pengangguran naik 2.000 ke 265.000 dari total pekan sebelumnya sebesar 263.000.

Data sedikit mengubah ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga AS berikutnya. Menurut Perangkat Monitor Suku Bunga Fed, investor menghargai kesempatan 18% dari kenaikan suku bunga pada pertemuan Fed 20-21 September. Untuk bulan Desember, kemungkinan mencapai sekitar 52%.

Emas sensitif terhadap pergerakan suku bunga AS. Kenaikan bertahap tingkat suku bunga yang lebih tinggi dipandang kurang mengancam harga emas daripada serangkaian peningkatan yang cepat.

Sementara itu, ECB mengatakan pihaknya mempertahankan suku bunga acuan pada rekor terendah 0,0%, sejalan dengan ekspektasi pasar. Bank sentral juga mempertahankan suku bunga deposit facility tidak berubah pada -0,4% dan meninggalkan pinjaman marjinal sebesar 0,25%.

Bank sentral Eropa itu memperkirakan suku bunga tetap pada tingkat saat ini atau lebih rendah dalam “jangka waktu yang panjang”.

Selain itu, ECB juga terus menjaga program pelonggaran kuantitatif bulanan di sekitar €80 miliar. Bank sentral Eropa itu menegaskan bahwa pihaknya siap untuk memperluas program pembelian aset bulanan melewati bulan Maret 2017 jika diperlukan. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES