PT KONTAK PERKASA FUTURES – Sebut saja Jose Mourinho adalah jaminan gelar juara. Maka jaminan itu bisa dibilang berada di atas modal yang amat besar.

Terlepas dari berbagai kontroversinya, Mourinho adalah salah satu manajer tersukses di dunia. Dia juara di Portugal, Inggris, Italia, dan Spanyol. Dia juga dua kali menaklukkan Eropa lewat Liga Champions.

Maka bukan hal yang mengejutkan jika Manchester United memutuskan menggunakan jasa Mourinho di musim ini. Setelah tiga musim terakhir kesulitan bersaing di papan atas, MU bertekad kembali jadi raja Inggris dan menegaskan status mereka sebagai pemilik gelar terbanyak.

Melupakan musim buruk Mourinho di Chelsea tahun lalu, di mana dia pada akhirnya dipecat, MU memberikan Mourinho keleluasan besar di bursa transfer. Sejauh ini ada tiga pemain yang sudah didapatkan, antara lain Eric Bailly, Zlatan Ibrahimovic, dan Henrikh Mkhitaryan. Satu nama yang segera menyusul adalah Paul Pogba.

Kecuali Ibrahimovic yang didapatkan dengan cuma-cuma, tiga pemain lainnya membutuhkan dana tak bisa dikatakan kecil. Bailly direkrut dengan nilai 30 juta poundsterling, Mkhitaryan berbanderol 26,3 juta pounds, dan yang paling wah tentu saja Pogba yang kabarnya di angka 89 juta pounds.

Nilai yang akan memecahkan rekor itu bahkan disebut-sebut bukan nilai maksimal transfer Pogba dari Juventus. Secara keseluruhan, angka maksimalnya diyakini mencapai 100 juta pounds.

Maka jika ditotal, Mourinho akan menghabiskan tak kurang dari 156 juta pounds untuk tiga pemain di musim panas ini. Tentu saja jumlah itu bisa bertambah jika aktivitas transfer MU masih berlanjut.

Dengan belanja pemainnya di musim panas ini, Mourinho kian menegaskan statusnya sebagai manajer dengan jumlah pembelian terbesar dalam 10 tahun terakhir. Daily Mail melansir, bahwa sampai Januari 2016 lalu dia adalah manajer dengan nilai belanja pemain tertinggi yakni 619 juta pounds.

Beberapa pembelian besarnya sebelumnya adalah Cesc Fabregas (30 juta pounds) dan Diego Costa (32 juta pounds). Kini nilai total belanja pemain Mourinho dalam sedekade terakhir akan semakin tinggi, mencapai 775 juta pounds atau sekitar 13,27 triliun rupiah.

Uang sebanyak itu bisa untuk membeli 210 mobil Koenigsegg CCXR Trevita, yang disebut-sebut termahal di dunia. Atau kalau mau, cukup untuk membeli dua jet F-22 Raptor dan masih punya sisa beberapa ratus juta pounds.

Sebagai pembanding, sejauh ini Manuel Pellegrini masih menempati peringkat dua manajer paling royal dalam 10 tahun terakhir dengan total belanja 597 juta pounds. Tiga pembelian termahal Pellegrini adalah Cristiano Ronaldo, Kevin De Bruyne, dan Raheem Sterling. Bagaimanapun jumlah ini tak akan bertambah sementara waktu karena Pellegrini masih menganggur saat ini.

Pelatih Bayern Munich saat ini, Carlo Ancelotti ada di tempat ketiga daftar dengan nilai belanja total kurang lebih 527 juta pounds. Sedang Pep Guardiola dalam 10 tahun terakhir membelanjakan 486 juta pounds dan menempati posisi empat.

Kembali ke Mourinho, betapapun besar modal yang sudah dikeluarkan klub untuk mendukung transfernya, bisa dikatakan berbuah manis. Dalam periode 10 tahun terakhir, dia sudah meraih 15 gelar termasuk yang minor seperti Community Shield.

Terlepas dari itu, untuk klub-klub besar macam Chelsea, Real Madrid, Barcelona, Bayern, atau MU, belanja besar tentu turut melibatkan gengsi juga terdapat perhitungan lain seperti promosi dan sebagainya. Dan yang jelas, nilai-nilai transfer itu tak seberapa dibandingkan pemasukan klub. Kini yang patut ditunggu adalah, bagaimana hasil dari modal besar MU untuk Mourinho musim ini. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES