PT KONTAK PERKASA  FUTURES – Harga perak terus lanjutkan kenaikan tajam semalam hingga di sesi Asia pada hari Selasa dan emas berakselerasi setelah investor terus menyokong logam mulia di tengah kekhawatiran politik dan ekonomi yang menyarankan bank sentral akan terus melonggarkan kebijakan moneter untuk beberapa waktu ke depan.

Emas di divisi Comex Bursa Perdagangan New York terdongkrak 0,97% menjadi $1,352.00 per troy ounce, sementara perak terus lanjutkan kenaikan tajam semalam, melompat 4,49% ke $20,468 per troy ounce. Momentum di balik keuntungan perak tidak nampak, meskipun beberapa investor menunjukkan besarnya gap dengan harga emas menyiratkan reli saling mengejar antar sesama logam mulia.

Harga tembaga turun 0,23% ke 2,215 per pon, menyerahkan keuntungan semalam atas prospek China untuk meluncurkan upaya stimulus lebih ekonomis.

Semalam, perak berjangka melonjak ke level yang tidak terlihat sejak Juli 2014 pada hari Senin, sementara emas tetap di dekat level terkuat dalam lebih dari dua tahun, karena momentum bullish pada logam mulia yang kompleks tetap utuh.

Logam mulia telah didukung dengan baik pada sesi terakhir di tengah meningkatnya ekspektasi bahwa bank sentral di seluruh dunia akan meningkatkan stimulus moneter dalam waktu dekat untuk melawan goncangan ekonomi negatif dari referendum Brexit.

Investor juga berspekulasi bahwa Federal Reserve akan menunda kenaikkan suku bunga tahun ini, daripada menaikkannya dua kali seperti yang telah diproyeksikan pejabat.

Pada minggu ini, pelaku pasar akan mengalihkan perhatiannya sedikit menjauh dari berita utama terkait Brexit dan lebih ke arah fundamental ekonomi serta kebijakan moneter AS, dengan laporan upah non-pertanian bulan Juni dan risalah pertemuan FOMC dalam sorotan. Ada juga data jasa ISM, Rabu. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES