Indeks Berjangka Nikkei Jatuh; Platinum Catat GainIndeks berjangka Jepang jatuh sementara kontrak pada indeks Standard & Poor 500 menguat setelah perusahaan finasial dan teknologi catat penurunan hari keduanya pada bursa saham AS. Platinum dan paladium rebound karena dolar Selandia Baru tahan gain dekat 2 ,5 tahun tertinggi.

Indeks berjangka 225 Stock Average turun 0,5 persen ke level 14.560 pada 8:05 pagi di pre-market Osaka, setelah naik di Chicago. Indeks berjangka S & P 500 naik 0,2 persen setelah indeks AS melemah sebanyak 0,2 persen ke level terendahnya dalam dua pekan di New York. Platinum naik untuk hari pertama pekan ini, sementara paladium hentikan peurunan tiga harinya. Kiwi stabil setelah menyentuh level terkuatnya sejak Agustus 2011 kemarin dan kontrak berjangka pada won Korea Selatan catat kenaiakan hari ketiganya.

Saham Asia yang menuju minggu terbaiknya sejak September, menguat sebanyak 2,5 persen karena investor menepis data ekonomi yang mengecewakan selain untuk berfokus pada gain dalam kepercayaan konsumen AS dan spekulasi China akan bertindak untuk menenangkan perekonominya. Inflasi Jepang sesuai perkiraan para ekonom pada bulan Februari dan tingkat pengangguran turun diikuti dengan data perdagangan ritel hari ini. Di AS, klaim pengangguran secara tak terduga turun dan pertumbuhan ekonomi datang lebih lambat dari proyeksi para ekonom.

 Artikel: kontakperkasa futures.