PT KONTAK PERKASA FUTURES – Dolar naik tipis terhadap mata uang utama lainnya pada Kamis sore, dengan investor masih mencerna debat ketiga presiden AS Rabu kemarin dan memantau rangkaian data AS yang akan dirilis malam ini.

Greenback kembali menguat menjelang laporan aktivitas manufaktur AS, klaim pengangguran dan penjualan rumah lama, nanti malam.

Pelaku pasar mengamati data tersebut mengenai indikasi lebih lanjut tentang kekuatan ekonomi setelah laporan terbaru menggambarkan hasil beragam.

Dolar juga diuntungkan dari fakta bahwa beberapa poling dari pengamat debat, termasuk poling CNN/ORC, menyatakan bahwa Hillary Clinton memenangkan debat presiden terakhir pada Rabu kemarin melawan rivalnya Donald Trump.

EUR/USD tetap stabil di 1,0972, menjauh dari terendah tiga bulan 1,0953 disentuh semalam.

Sentimen terhadap euro tetap rapuh menjelang pertemuan kebijakan Bank Sentral Eropa hari Kamis.

ECB diharapkan mempertahankan kebijakan moneter tidak berubah namun pelaku pasar akan mengamati dengan seksama konferensi pers Presiden ECB Mario Draghi, yang dijadwalkan tak lama setelah pernyataan kebijakan, untuk petunjuk langkah kebijakan selanjutnya bank sentral.

GBP/USD meluncur 0,26% ke 1,2318, setelah Kantor Statistik Nasional Inggris mengatakan penjualan ritel mendatar pada bulan September, setelah penurunan 0,2% bulan sebelumnya dan dibandingkan dengan ekspektasi kenaikan 0,4%.

Tahun ke tahun, penjualan ritel meningkat 4,1% bulan lalu, mengecewakan harapan kenaikan 4,8%.

Penjualan ritel inti, kecuali penjualan mobil dan bahan bakar, bergerak datar pada bulan September, mengalahkan ekspektasi kenaikan 0,4%.

USD/JPY naik tipis 0,17% ke 103,46, sedangkan USD/CHF tetap stabil di 0,9892.

Dolar Australia dan Selandia Baru melemah, dengan AUD/USD berkurang 0,76% di 0,7664 dan NZD/USD tergelincir 0,12% ke 0,7223.

Kamis pagi, Biro Statistik Australia mengatakan jumlah orang yang bekerja menurun 9.800 pada bulan September, mengecewakan harapan peningkatan 15.000.

Tingkat pengangguran Australia tetap tidak berubah pada 5,6% bulan lalu, dibandingkan dengan ekspektasi kenaikan menjadi 5,7%.

Selain itu, Bank National Australia mengatakan indeks kepercayaan bisnis naik ke 5 di kuartal ketiga dari 3 di kuartal kedua, angka itu direvisi dari pembacaan awal 2.

Sementara itu, USD/CAD naik 0,43% diperdagangkan pada 1,3170, menjauh dari level terendah satu bulan 1,3001.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, naik 0,09% pada 97,96, tidak jauh dari level tertinggi tujuh bulan Senin 98,15. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES