Indeks HK Perpanjang Penurunan Mingguan TerbesarnyaSaham-saham Hong Kong melemah mengirim indeks acuan memperpanjang penurunan mingguan terbesarnya sejak Mei 2012 lalu, seiring saham Tencent Holdings Ltd pimpin penurunan dan pemerintah China melonggarkan kontrol mata uang yuan.

Indeks Hang Seng turun sebesar 0,3 persen ke level 21,472.64 pukul 9:47 pagi di Hong Kong. Indeks Hang Seng turun sebesar 4,9 persen pekan lalu pasca mengecewakannya data ekonomi China daratan. Indeks Hang Seng China Enterprises, juga dikenal sebagai indeks H-share, sedikit berubah pada level 9,302.39 pasca membukukan penurunan mingguan terbesarnya sejak Oktober lalu. Saham Tencent turun sebesar 4,1 persen.

Indeks H-share pekan lalu turun sebanyak 20 persen dari level tertingginya pada 2 Desember lalu dalam perdagangan intraday, beberapa investor menganggap indeks memasuki fase bearish, ditengah kekhawatiran China akan kehilangan target pertumbuhan ekonominya.

Hari ini, Yuan akan dapat melakukan transaksi sebanyak 2 persen di kedua sisi tingkat referensi bank sentral setiap harinya, dari 1 persen sebelumnya, berdasarkan pernyataan dari Bank Rakyat China dalam di situsnya pada 15 Maret lalu. Kisaran ini lalu melebar pada bulan April 2012 lalu dari 0,5 persen, dan sebelumnya 0,3 persen pada Mei 2007 lalu.

Alibaba Group Holding Ltd , perusahaan e -commerce terbesar di China, memulai proses untuk melakukan penawaran umum perdana (IPO) di AS setelah berjuang untuk membujuk regulator Hong Kong untuk menyetujui struktur tata kelola yang diusulkan. Bank investasi menilai nilai aset Alibaba sebanyak $200 miliar yang akan membuat perusahaan Internet terbesar kedua di China berada belakang Google Inc berdasarkan nilai kapitalisasi pasar.

 Artikel: kontakperkasa futures.