Indeks Topix Ditutup Ke Level 6-Thn Tertinggi Terkait Pelemahan YenIndeks Topix Jepang ditutup pada level tertingginya dalam enam tahun terakhir karena yen turun pasca Federal Reserve menaikkan perkiraan terhadap suku bunga. Saham Sony Corp turun pasca memperkirakan penurunan yang lebih luas.

Saham Toyota Motor Corp, produsen mobil yang mendapat tiga perempat keuntungan dari penjualan di luar negeri, naik sebesar 2,2 persen. Saham Kubota Corp, perusahaan pembuat traktor, naik sebesar 2 persen pasca rating investasi di naikan oleh Credit Suisse Group AG. Saham Sony turun sebesar 8,6 persen, merupakan penurunan terbesarnya sejak November 2013 lalu, setelah menaikan perkiraan kerugiannya dan mengatakan tidak akan membayar dividen tahunan.

Indeks Topix naik sebesar 1 persen ke level 1,317.91 pada penutupan perdagangan hari ini di Tokyo, yang merupakan level tertinggi sejak Juli 2008 silam, dengan semua saham dari 33 kelompok industri naik kecuali dua. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik sebesar 1,1 persen ke level 16,067.57, lebih besar 16.000 untuk pertama kalinya sejak Januari lalu. Mata uang yen turun ke level 108,87 per dolar hari ini setelah turun 1,1 persen kemarin, merupakan penurunan tertajamnya sejak September 2008 silam.

Artikel: kontakperkasa futures.