Indeks Topix Jepang Hentikan Gain Empat HariIndeks Topix Jepang turun untuk pertama kalinya dalam lima hari terakhir, menghentikan kenaikan mingguan setelah sektor asuransi dan energi memimpin penurunan pada indeks.

Indeks Topix turun 0,2 persen di 1,174.52 pada 09:02 pagi di Tokyo, dengan jumlah saham hampir sama untuk yang naik dan yang turun. Indeks tersebut menuju kenaikan 2,5 persen minggu ini setelah jatuh dalam dua periode sebelumnya. Nikkei 225 Stock Average turun 0,4 persen pagi ini di 14,562.53. Yen bertahan di 102,17 per dolar setelah kemarin turun 0,1 persen.

Data pagi ini menunjukkan harga konsumen tidak termasuk makanan segar naik 1,3 persen pada Februari dibandingkan tahun sebelumnya, sesuai dengan perkiraan rata-rata dari 30 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg News.

Jepang akan menaikkan pajak penjualan sebesar 3 hingga 8 persen mulai pekan depan. Ekonomi ketiga terbesar di dunia tersebut diperkirakan akan mengalami kontraksi pertumbuhan karena kenaikan pajak tersebut, menurut ekonom yang disurvei oleh Bloomberg.

 Artikel: kontakperkasa futures.