Indeks Topix Jepang Jatuh ditengah Sengketa Referendum di CrimeaIndeks Topix Jepang jatuh mengirim indeks memperpanjang penurunan mingguannya sejak Juni lalu karena yen Jepang naik pasca warga Crimea memutuslam bergabung kembali dengan Rusia dalam referendum yang disengketakan oleh negara-negara Barat.

Indeks Topix turun sebesar 0,5 persen ke level 1,158.78 pukul 09:00 pagi di Tokyo, sebanyak 31 saham dari 33 sub kelompok industri turun. Indeks merosot sebesar 5,8 persen pekan lalu, penurunan tertajam sejak periode yang berakhir pada tanggal 7 Juni lalu. Indeks Nikkei 225 Stock Average merosot sebesar 0,4 persen hari ini ke level 14,267.09. Yen Jepang sedikit berubah terhadap dolar. Yen Jepang naik sebesar 1,9 persen pekan lalu, kenaikan terbesarnya sejak Januari lalu.

Lebih dari 95 persen pemilih mendukung untuk meninggalkan Ukraina dan bergabung dengan Rusia dalam referendum yang berlangsung kemarin. Pemerintah Ukraina, Uni Eropa dan AS menganggap itu suara ilegal, sementara Rusia mengatakan ” suara tersebut sepenuhnya memenuhi norma-norma internasional.” Sebesar 82,7 persen suara memilih bergabung dengan Rusia, menurut komisi pemilihan.

Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 turun 0,1 persen hari ini. Ukuran ekuitas turun 0,3 persen pada 14 Maret lalu.

 Artikel: kontakperkasa futures.