Indra Sjafri Yang Mampu ke Myanmar Silakan, yang Tidak Jangan Paksakan DiriJakarta – Seberapa besarkah suporter Indonesia yang akan mendukung langsung timnas di ajang Piala Asia U-19 di Myanmar nanti? Menurut pelatih Indra Sjafri, asalkan tidak terlalu memaksakan diri.

Indonesia adalah satu dari 16 negara kontestan turnamen Piala Asia junior tersebut, yang tahun ini digelar di dua kota di Myanmar, Yangon dan Nay Pyi Taw, dari 9 sampai 23 Oktober.

Turnamen ini punya poin “plus” karena empat tim yang menembus ke semifinal otomatis lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 tahun 2015 di Selandia Baru.

Timnas U-19 sudah menjadi idola baru buat suporter timnas Indonesia, sejak mereka menjuarai Piala AFF U-19 pada September 2013, lalu tampil gemilang di babak kualifikasi Piala Asia U-19 di Jawa Timur, sebulan kemudian.

Evan Dimas dkk. menjadi primadona baru. Ketenaran para pemain dan pelatih melejit. Setiap aksi mereka, baik dalam latihan maupun pertandingan, mendapat perhatian sangat tinggi dari publik/penonton.

Apakah animo tinggi itu juga bakal berlanjut ke Myanmar, masih perlu dibuktikan. Hanya saja, banyak informasi yang mengindikasikan bahwa suporter “Merah Putih” pun siap ke Myanmar untuk memberi dukungannya secara langsung.

“Alhamdulillah (karena banyak yang dukung). Seharusnya memang begitu, tidak perlu ditanya lagi. Timnas U-19 memang harus didukung,” tukas Coach Indra saat dihubungi detiksport, Senin (4/8/2014).

“Saya pribadi berterima kasih jika ada yang sampai mau datang menyaksikan langsung ke Myanmar. Tapi buat yang tidak bisa, cukup doakan saja. Yang penting, semua masyarakat Indonesia mendoakan supaya kita bisa lolos ke Piala Dunia. Itu saja,” sambungnya.

“Kami tidak akan memaksa orang untuk berbondong-bondong datang ke sana. Jangan juga perlu ke Myanmar sampai jual harta benda pusaka. Kalau yang kelebihan duit mau ke sana, silakan. Tapi yang penting dukungan doa dari seluruh masyarakat Indonesia. Bersatu, jangan saling caci maki.”

Indonesia tergabung di Grup B beersama Uzbekistan, Australia, dan Uni Emirat Arab.

Artikel: kontakperkasa futures.