during the UEFA Champions League Round of 16 match between Manchester City and Barcelona at Etihad Stadium on February 24, 2015 in Manchester, United Kingdom.

during the UEFA Champions League Round of 16 match between Manchester City and Barcelona at Etihad Stadium on February 24, 2015 in Manchester, United Kingdom.

 KontakPerkasa FuturesTuntas sudah matchday VI Liga Champions, yang berarti lengkap pula peserta di babak 16 Besar. Sejumlah tim lolos dari situasi terjepit, beberapa lainnya justru bernasib kurang baik dan tergusur ke Liga Europa.

Hari kedua matchday VI mempertarungkan tim-tim di Grup E sampai dengan Grup H. Hanya tiga tim yang sudah memastikan diri lolos sebagai juara grup, mereka adalah Barcelona, Bayern Munich, dan Zenit St. Petersburg.

Sisanya masih harus melakoni laga penentuan kelolosan. Berikut adalah gambaran situasinya.

Grup E

Barca yang sudah dipastikan lolos sebagai juara grup menjamu Bayern Leverkusen yang butuh kemenangan untuk menjaga asa lolos. Keduanya pada akhirnya bermain imbang 1-1.

Di laga lainnya, AS Roma bermain imbang 0-0 kontra BATE Borisov. Tambahan satu poin dan kegagalan Leverkusen menang membuat Roma mengamankan tiket ke fase gugur sebagai runner-up. Roma dan Leverkusen sama-sama punya nilai enam, tapi anak-anak Italia unggul head to head.

Juara grup: Barcelona
Runner-up: Roma
Ke Liga Europa: Leverkusen

Grup F

Sebagaimana di Grup E, grup ini juga baru memastikan satu tim yang lolos yakni Bayern yang tak terkejar sebagai pemuncak klasemen. Sementara posisi dua jadi rebutan antara Olympiakos dan Arsenal.

Olympiakos dalam posisi lebih baik karena menjamu Arsenal dengan hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos. Mereka bahkan masih bisa lolos meski kalah, asalkan selisihnya tak sampai dua gol.

Tapi ada prosesnya Arsenal mampu lolos dari lubang jarum tersebut dengan kemenangan telak 3-0. Mereka pun mengambil alih posisi dua, sama-sama punya nilai sembilan dengan Olympiakos tapi unggul head to head. Sementara Olympiakos harus tergusur ke Liga Europa.

Juara grup: Bayern
Runner-up: Arsenal
Ke Liga Europa: Olympiakos

Grup G

Persaingan di grup ini jadi salah satu yang paling ketat mengingat belum ada satupun tim yang dipastikan lolos sebelum laga matchday VI. Porto yang menatap laga terakhir dalam posisi memimpin klasemen, menghadapi Chelsea dengan butuh kemenangan agar aman dari kejaran Dinamo Kiev yang unggul head to head atas mereka.

Sementara Chelsea yang datang ke laga sebagai runner up justru cuma perlu hasil imbang, terlepas apapun hasil yang dipetik Kiev. Kiev sendiri bisa lolos dengan kemenangan atas Maccabi Tel Aviv.

Pada akhirnya Porto takluk 0-2 dari Chelsea, sementara Kiev menang 1-0 atas Maccabi. Hasil itu memastikan Chelsea lolos sebagai juara grup, Kiev menemani sebagai runner up. Porto yang menatap laga terakhir sebagai pemuncak klasemen justru harus tergusur ke Liga Europa.

Juara grup: Chelsea
Runner-up: Kiev
Ke Liga Europa: Porto

Grup H

Zenit sudah dipastikan lolos sebagai juara grup di laga terakhirnya. Sementara posisi runner-up diperebutkan antara Gent dan Valencia. Valencia jelas butuh kemenangan karena tertinggal satu poin dari Gent, sementara Gent juga perlu tiga angka demi mengamankan posisi dari kejaran ‘Kelelawar Hitam’.

Gent sukses menjalankan tugasnya dengan mengalahkan Zenit 2-1, sementara Valencia justru kalah dari Olympique Lyon 0-2. Hasil itu memastikan Gent lolos sebagai runner up, sementara Valencia ke Liga Europa.

Juara grup: Zenit
Runner-up: Gent
Ke Liga Europa: Valencia

Berikut ini tim-tim yang lolos ke babak 16 besar.

Juara grup: Real Madrid, Wolfsburg, Atletico Madrid, Manchester City, Barcelona, Bayern Munich, Chelsea, Zenit St. Petersburg

Runner-up:PSG, PSV Eindhoven, Benfica, Juventus, Roma, Arsenal, Dinamo Kiev, Gent. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.