Inilah 7 Kecanggihan Smartphone Windows Phone Terbaik, Lumia 930KontakPerkasa Futures, Inovasi smartphone terus bergulir, termasuk di ranah platform Windows Phone. Jika dulu kita dibuat terpukau menyaksikan kecanggihan Nokia Lumia 920, kini Microsoft Device yang akan meneruskan brand Lumia telah menyiapkan generasi terbaru Lumia yang amat canggih yaitu Lumia 930. Sempat mencobanya selama beberapa saat, kami mencatat ada 7 kecanggihan yang dimilikinya.

 

1. Desain kokoh dan mewah dengan rangka logam
Sebagai smartphone kelas atas, desain Lumia 930 juga mendapatkan perhatian khusus. Paduan rangka logam dan polikarbonat yang kuat tidak hanya memberikan kesan eksklusif, tapi juga kekuatan ekstra bagi Lumia 930. Sisi samping bodi ponsel dengan layar 5 inci ini juga dirancang sehingga memberikan cengkeraman lebih baik saat dipegang dengan satu tangan sehingga tidak mudah terselip dan jatuh.

2. Spesifikasi terbaik untuk smartphone Windows Phone
Dari sisi spesifikasi, Lumia 930 amat menjanjikan. Dengan paduan chipset quad-core Snapdragon S800 2,2GHz serta RAM 2GB, semua aplikasi yang ada di Windows Phone Store akan dapat dijalankan dengan mulus. Bahkan Lumia 930 merupakan smartphone Windows paling bertenaga saat ini. Kapasitas memori internal 32GB yang dimilikinya juga termasuk lega. Jika masih kurang, Anda juga mendapatkan jatah penyimpanan data gratis sebesar 15GB di layanan OneDrive.

Lumia 930 juga telah mendukung kecepatan 4G LTE yang memang belum ada di Indonesia. Namun jika Anda menggunakannya di negara yang sudah memiliki jaringan LTE, maka kecepatan transfer datanya akan mencapai 27Mbps atau sekitar 7x lebih cepat dibandingkan koneksi 3G biasa!! Itu berarti Anda bisa mengunduh satu album musik kurang dari 4 menit. Hebat kan?

3. Layar resolusi tinggi untuk segala kondisi cahaya
Dengan resolusi Full HD dan teknologi Clear Black Display, layar OLED Lumia 930 yang berukuran 5 inci ini mampu menampilkan visual yang memukau di setiap kondisi cahaya. Bahkan saat siang hari di luar ruangan pun layarnya tetap dapat dilihat dengan jelas.

Resolusinya tersebut juga amat ideal saat Lumia 930 digunakan untuk menonton video atau melihat foto. Tampilan yang tajam dengan reproduksi warna yang alami akan membuat Anda betah berlama-lama memandanginya. Layar resolusi tingginya ini juga dilapisi Gorilla Glass 3 sehingga lebih tahan goresan dan benturan. Lapisan kacanya juga sedikit melengkung di ujung-ujungnya sehingga menyatu sempurna dengan rangka logamnya.

4. Hasil foto lebih menawan dengan Lumia Imaging dan teknologi Pureview
Untuk Anda yang gemar berbagi foto-foto keren di jejarin sosial, Lumia 930 memiliki kamera yang handal. Paduan kamera PureView 20 megapixel dengan lensa ZEISS dan teknologi OIS (Optical Image Stabilization) terbukti mampu menghasilkan foto yang tajam dan memesona. Memanfaatkan kecanggihan teknologi PureView, Anda dapat melakukan zoom tanpa mengurangi kualitas foto. Hasil akhirnya akan mirip seperti foto yang diambil menggunakan zoom optical.

Selain hardware yang mumpuni, Lumia 930 juga telah dilengkapi software canggih untuk mengoptimalkan hasil foto yang diambilnya. Aplikasi Lumia Imaging telah mengemas kumpulan aplikasi inovatif seperti Panorama (untuk mengambil foto ekstra lebar), Storyteller (untuk menciptakan cerita bergambar berdasarkan waktu dan peta), serta Creative Studio 6 (untuk menyunting hasil foto sehingga terlihat seperti hasil kamera profesional). Pendek kata, memotret dengan Lumia 930 tidak hanya memuaskan tapi juga menyenangkan.

Berikut beberapa hasil foto langsung dari Lumia 930 tanpa proses editing sama sekali.

5. Rich Recording untuk rekaman suara berkualitas tinggi
Lumia 930 juga dilengkapi empat mikrofon berkualitas tinggi. Selain dapat merekam suara dari arah tertentu dengan amat jelas, Lumia 930 juga dapat merekam suara di sekeliling kita dengan lebih jelas dan lebih hidup. Fitur ini amat berguna saat Anda menggunakan Lumia 930 untuk merekam video. Lumia 930 juga telah mendapat dukungan tata suara Dolby surround yang berkualitas tinggi.

6. Handal untuk membuat film
Memanfaatkan fitur OIS yang dimilikinya, hasil perekaman video Lumia 930 layak diacungi jempol. Video Full HD 1080p yang dihasilkannya akan lebih halus dan mulus, walaupun ponsel dipegang dengan tangan dan tanpa alat bantu apa pun. Hasilnya, rekaman video akan terlihat seperti diambil dengan kamera profesional yang jauh lebih mahal!!

Berikut contoh rekaman video Lumia 930.

7. Deretan layanan dan aplikasi canggih dari Microsoft
Untuk melengkapi kecanggihannya, Lumia 930 juga telah dilengkapi berbagai layanan terbaik dari Microsoft. HERE Maps misalnya. Aplikasi navigasi yang telah ditanamkan di Lumia 930 ini dapat memandu Anda saat berkendara menggunakan mobil, bis, kereta, bahkan saat berjalan kaki. Petanya juga dapat disimpan secara offline dan dapat diakses tanpa koneksi Internet sehingga lebih menghemat biaya dan baterai.

MixRadioLumia 930

Bagi penggemar musik, terdapat Mix Radio yang memiliki hingga 21 juta lagu yang dapat dinikmati gratis. Layanan streaming musik ini juga mendukung pemutaran musik offline sehingga akan menghemat kuota data Anda. Untuk keperluan bisnis, tersedia OneNote Mobile yang memberi kemudahan saat Anda ingin mengabadikan berbagai ide yang muncul tiba-tiba. Selain teks, Anda juga dapat menambahkan rekaman suara dan gambar di OneNote.

Ada satu hal lain yang menarik dari Lumia 930. Dengan segala kecanggihannya tersebut, smartphone ini tetap mudah digunakan dengan UI yang rapi dan minimalis. Mencermati deretan fitur canggihnya yang relevan dengan kebutuhan pengguna, boleh dibilang Lumia 930 akan menjadi teman setia dalam berbagai aktivitas harian Anda. Bagi yang penasaran dengan Lumia 930, silakan kunjungi gerai Nokia terdekat di kota Anda untuk mencoba langsung kecanggihannya. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Microsoft Indonesia di Twitter atau Facebook resminya. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.