Inilah Lima Transportasi Unik dari Penjuru Dunia KontakPerkasa Futures, Kehidupan manusia tak bisa lepas dari transportasi. Karena dengan transportasi, perpindahan manusia dari satu tempat ke tempat lain menjadi lebih mudah dan cepat. Kali ini kita membicarakan transportasi umum di berbagai dunia. Di luar negeri, banyak orang malah suka menggunakan transportasi umum dari pada kendaraan pribadi, nggak seperti di sini ya. Ya karena memang fasilitas untuk transportasi umum di luar negeri sangat diperhatikan dengan baik.

Ngomongin transportasi umum, di luar negeri ada jenis transportasi unik yang nggak seperti biasanya. Kalau biasanya kita melihat bus, taksi, dan ojek sebagai transportasi umum, di luar negeri malah ada perahu yang digunakan sebagai taksi. Seperti apa bentuk transportasi unik di berbagai tempat di dunia ini? Berikut ulasannya.

 
  1. Canal taxi dari Thailand

    Bangkok sering mendapat julukan sebagai “Venesia dari Timur” karena jaringan sungainya. Dengan banyaknya jaringan sungai atau kanal tersebut, memunculkan adanya taksi sungai dengan perahu. Taksi Sungai menjadi bagian penting dari sistem transit kota. Hal ini karena taksi sungai jauh lebih cepat daripada lalu lintas darat jalan raya yang sering mengalami kemacetan.

    Canal taxi Thailand / luxury-thailand-travel.com

    Ada rute taksi sungai tertentu yang berjalan melewati pusat kota. Di kota ini banyak terdapat jembatan yang rendah. Sehingga jika perahu melewati jembatan rendah, maka perahu akan melambat dan sedikit menurunkan kanopinya, yang memaksa semua penumpang untuk menunduk sejenak.

  2. Bamboo Train di Kamboja

    Ya, mereka menaiki kereta bambu sebagai alat transportasinya. Inilah yang terjadi di Kamboja. Ada kereta bambu yang menjadi transportasi sehari-hari mereka. Penduduk lokal lebih sering menyebut bamboo train ini dengan Nori. Jangan dibayangkan ini seperti kereta api pada umumnya. Di kereta bambu ini, hanya ada satu kereta, dengan bambu sebagai tempat duduknya.

    Bamboo train (nori) di Kamboja / allpointseast.com

    Penggerak kereta bambu ini adalah sebuah mesin pembangkit listrik. Penumpang berada hanya beberapa inci di atas rel kereta api yang mampu berjalan dengan kecepatan hingga 40 km/jam. Seperti turbulensi dalam sebuah pesawat, di bamboo train ini kita juga bisa merasakannya. Hal ini karena banyaknya rel kereta yang tak terawat membuat.

    Satu-satunya kemewahan yang bisa didapat penumpang adalah duduk di atas tikar rumput. Tentu saja tarif naik bamboo train ini tergolong murah. Meski tarifnya murah, jika kamu berkesempatan berkunjung ke Kamboja, cobalah naik nori dari stasiun Battambang. Karena hal ini akan menjadi pengalaman seru tersendiri.

  3. Hanging Train (Kereta gantung) di Jerman

    Kalau biasanya rel kereta ada di bawah keretanya, namun tidak dengan kereta dari Jerman ini. Relnya malah ada di atas, sehingga keretanya tergantung (hanging). Wuppertaler Schwebebahn adalah sebuah monorail tertua di dunia. Dibangun pada tahun 1900 dan mulai dibuka pada 1901. Monorail gantung ini masih digunakan sampai sekarang.

    hanging train di Jerman / pixgrove.blogspot.com

    Monorail gantung ini berjalan sejauh 13an kilometer. Ia berjalan 12 meter di atas sungai Wupper, dan 8 meter di atas jalanan kota Jerman.

  4. Floating bus Hippo di Kanada

    Floating berarti melayang, jadi Floating bus adalah bus yang melayang. Yang dimaksud melayang di sini adalah melayang di air. Floating bus Hippo adalah bus kapal berkapasitas 40 penumpang yang menawarkan tur darat dan air di Toronto, Kanada.

    Floating bus Hippo lagi di darat / torontoist.com
    Floating bus Hippo di air / thestar.com

    Floating bus Hippo memberikan pengalaman menyusuri perkotaan indah melalui darat dan air di Kanada. Bus Amphibi ini menawarkan tur yang tak biasa dan fantastis dari Toronto. Tur ini berlangsung selama 90 menit.

  5. Ice Angel di Amerika

    Pulau Madeline adalah satu-satunya pulau dari Kepulauan Wisconsin Apostle yang terhubung ke daratan oleh feri di musim panas. Namun ketika jalur yang dilalui tersebut membeku selama musim dingin, dan ketika es tidak cukup kuat untuk menopang kendaraan, ada transportasi unik yang mengambilalih, yaitu dengan kapal es yang dilengkapi dengan baling-baling pesawat.

    Ice Angel di Amerika / wiki images

Itulah beberapa moda transportasi unik yang ada di berbabagai penjuru dunia.(hnm)

 

Artikel: kontakperkasa futures.