PT KONTAK PERKASA FUTURES – Timnas Indonesia mempunyai rekor yang buruk dalam duel-duel dengan Singapura di ajang Piala AFF. Semoga ada inspirasi dari kenangan manis di Stadion Rizal Memorial tahun 1991.

Skuat ‘Garuda’ sudah berhadapan dengan Singapura sebanyak tujuh kali di ajang Piala AFF. Tim ‘Negeri Singa’ masih unggul head-to-head dengan catatan empat kali menang, dua kali menuai hasil imbang, dan sekali menelan kekalahan.

Pertemuan pertama antara Indonesia melawan Singapura terjadi di semifinal Piala AFF 1998. Singapura memenangi pertandingan itu dengan skor 2-1, akhirnya menjadi juara edisi kedua ajang dua tahunan ini.

Dua kemenangan Singapura berikutnya, terjadi pada dua leg final di tahun 2004. Indonesia kalah kandang-tandang saat berduel melawan Singapura waktu itu.

Saat melakoni pertandingan di Stadion Gelora Bung Karno pada 8 Januari 2005, Indonesia kalah 1-3. Daniel Bennet, Khairul Amri, dan Agu Casmir yang menjadi pencetak gol Singapura. Sementara itu, Indonesia membalas sekali lewat gol Mahyadi Panggabean.

Delapan hari setelahnya, Singapura juga mampu mengalahkan Indonesia pada leg II laga final. Indra Sahdan Daud dan Agu Casmir yang menjadi pencetak golnya. Yang dibalas oleh Ilham Jaya Kesuma.

Indonesia baru mampu memetik kemenangan pertama atas Singapura di fase grup Piala AFF 2012. Kala itu, gol sepktakuler Andik Vermansah menjadi penentu kemenangan tim ‘Merah-Putih’.

Pertandingan Indonesia melawan Singapura kali ini akan berlangsung di stadion Rizal Memorial, Jumat (25/11/2016) malam WIB. Indonesia mempunyai kenangan manis di stadion yang berada di Manila itu.

Indonesia meraih gelar juara terakhir di stadion ini, saat sukses menyabet emas di SEA Games 1991. Kala itu, Indonesia menang adu penalti atas Thailand.

Baik Indonesia maupun Singapura sama-sama wajib menang untuk menjaga kans lolos ke babak semifinal Piala AFF 2016. Tapi, mereka juga harus menunggu hasil laga lainnya. Andai Filipina menang atas Thailand, maka Indonesia dan Singapura akan tersingkir.

Indonesia dan Singapura ada di posisi terbawah klasemen Grup A dengan satu angka, sementara Filipina ada di posisi dua dengan koleksi dua angka.

Ayo, beri dukungan untuk Pasukan Merah Putih!

Berikut head-to-head Indonesia vs Singapura di Piala AFF

Piala AFF 1998 Indonesia 1-2 Singapura
Piala AFF 2004 Indonesia 0-0 Singapura
Piala AFF 2005 Indonesia 1-3 Singapura
Piala AFF 2005 Indonesia 1-2 Singapura
Piala AFF 2007 Indonesia 2-2 Singapura
Piala AFF 2008 Indonesia 0-2 Singapura
Piala AFF 2012 Indonesia 1-0 Singapura

(hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES