Investor Emas Tunggu Sinyal Yellen pasca Penurunan Mingguan Lainnya  KontakPerkasa Futures, Emas terlihat sangat berbeda dari awal Mei bersama dengan platinum, palladium dan perak, metal sedang menuju kerugian bulanan terbesar sejak November seiring investor mengantisipasi biaya pinjaman yang lebih tinggi di AS

Bullion untuk pengiriman segera turun 0,7 persen ke level $ 1,211.68 per ounce, yang merupakan harga terendah sejak 1 April, dan berada di level $ 1,219.34 pada pukul 10:46 pagi waktu London, menurut harga publik Bloomberg. Logam kuning ini kehilangan 2,5 persen minggu ini, dan menuju penurunan mingguan keempat yang tercatat sebagai penurunan jangka terpanjang sejak November.

Emas telah memangkas reli tahun ini setelah jatuh lebih dari 5 persen pada bulan Mei menyusul investor meningkatkan spekulasi pada kenaikan suku bunga Federal Reserve pada awal bulan depan yang memberikan reli untuk dolar. Suku bunga yang lebih tinggi mengekang daya tarik emas terhadap aset berbunga. Ketua Fed Janet Yellen dijadwalkan berbicara pada hari Jumat di Universitas Harvard setelah sejumlah presiden Fed regional telah menunjukkan kesediaan mereka untuk melakukan pengtetatan kebijakan.

Pejabat Fed akan berkumpul di Washington 14-15 Juni nanti untuk memutuskan apakah akan meningkatkan suku bunga untuk pertama kalinya sejak Desember. Probabilita untuk kenaikan suku bunga Fed pada bulan depan telah turun lagi menjadi 28 persen, tingkat yang sama seperti probabilita pada minggu lalu, dari 34 persen pada tanggal 25 Mei, sedangkan probabilitas keniakan pada bulan Juli masih di atas 50 persen, menurut dana berjangka Fed.

Dalam ETF dan logam lainnya, Holdings di exchange-traded funds yang didukung emas menambahkan 1,5 metrik ton menjadi 1,844.9 ton per hari Kamis, data yang dikumpulkan oleh Bloomberg memperlihatkan. Perak sedikit berubah di level $ 16,31 per ounce. Perak sendiri sudah turun 8,6 persen di bulan Mei. Platinum sedikit berubah ke level $ 993,36 per ounce, dan kehilangan 7,7 persen bulan ini. Palladium diperdagangkan sedikit berubah di level $ 543,90 per ounce. Logam tersebut jatuh 13 persen di bulan Mei. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.