KONTAK PERKASA FUTURESDolar melemah di sesi perdagangan AS pada hari Senin dengan kekhawatiran atas larangan perjalanan ke AS bagi tujuh negara mayoritas Muslim membuat investor memindahkan aset ke safe haven seperti yen Jepang dan tumbuhnya ekspektasi Fed untuk mengeluarkan bahasa yang hati-hati dalam pernyataan kebijakan terbaru, Rabu dini hari.

USD/JPY bergerak ke 113,56, anjlok 1,33%, sedangkan AUD/USD diperdagangkan pada 0,7550, naik 0,04% dan GBP/USD di 1,2479, turun 0,55 %. USD/CAD turun 0,29% ke 1,3115.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lain, menurun 0,17% ke 100,39.

Dalam perdagangan sebelumnya, dolar turun lebih dari 1% terhadap safe haven yen pada hari Senin karena larangan perjalanan diberlakukan oleh Presiden Donald Trump menambah kekhawatiran atas potensi dampak ekonomi kebijakan pemerintahan baru tersebut.

Trump menandatangani sebuah perintah eksekutif pada hari Jumat bahwa melarang imigrasi dari tujuh negara mayoritas Muslim, menambah pertanyaan atas dampak destabilisasi kebijakan proteksionis pemerintahan baru itu. Keputusan itu memicu tuntutan hukum, kecaman internasional, protes meluas dan kebingungan atas pelaksanaannya di bandara.

Sentimen greenback juga terpukul setelah data pada hari Jumat menunjukkan penurunan tajam pertumbuhan kuartal keempat AS mendorong spekulasi bahwa Federal Reserve akan menghindari peningkatan suku bunga yang terlalu cepat.

The Fed, yang mengadakan pertemuan kebijakan berikutnya pada Rabu dini hari, diperkirakan tidak akan menaikkan suku bunga, tetapi investor tertarik untuk mendengar bagaimana memandang prospek ekonomi dan jalur masa depan suku bunga.

Data pada Senin kemarin menunjukkan bahwa belanja konsumen AS meningkat pada bulan Desember, naik 0,5% setelah kenaikan 0,2% di bulan November.

Pendapatan pribadi naik 0,3% bulan lalu setelah merayap naik 0,1% pada bulan November.

Sebuah laporan terpisah menunjukkan bahwa penjualan rumah lama AS naik 1,6% pada bulan Desember, menjelang perkiraan untuk kenaikan 1,1%. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES