Tingkat Pengangguran Australia Bulan Desember Turun Menjadi 6.1% KontakPerkasa Futures, Baterai yang sudah tak memiliki daya lagi, biasanya dibuang begitu saja dan segera membelinya yang baru guna menambah energi pada suatu benda.

Namun kini, telah ditemukan penelitian yang membuktikan dapat menghidupkan kembali baterai mati hanya dengan menggunakan daun belimbing wuluh.

Ya, penelitian yang dinamai “Pemanfaatan Daun Belimbing Wuluh sebagai Energi Alternatif” itu didapatkan empat siswa kelas sepuluh (setara kelas satu) SMK Fadlun Nafis Bangsri di Kabupaten Jepara.

Mereka adalah Asifatun Hidayah, Desi Wulan Sari, Aghnia Norfa Nafisah, dan Ahmad yusuf Alfianto.

Keempat anak didik sekolah kejuruan tersebut menganggap daun belimbing wuluh yang banyak dijumpai di Indonesia ini mengandung elektrolis sel volta yang mana zat tersebut mengandung asam sehingga menghasilkan arus listrik.

Selain itu, kandungan lainnya yang membantu memberikan energi pada baterai itu terdiri dari tanin, sulfur, asam format, dan peroksida.

“Asam format yang bereaksi menghasilkan peroksida dan sulfur kemudian menghasilkan sulfat,” tutur Asifa.

Hasil penelitian yang hanya dilakukan dalam lima hari itu akhirnya menjadikan sekolah ini juara Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) remaja yang diselenggarakan University Expo (Uniex) 2015 pada 24-26 Januari lalu.

Kepala SMK Fadlun Nafis, akhmad Efendi, berharap penelitian yang dilakukan peserta didiknya bermanfaat untuk sekolah serta masyarakat luas. Ke depannya, SMK Fadlun Nafis akan terus berinovasi dalam hal ini.

Ingin tahu cara menghidupkan kembali baterai mati dengan daun belimbing wuluh? Silakan buka tautan ini dan aplikasikan jika penasaran. (hnm)

 

Artikel: kontakperkasa futures.