Islandia Dapat Satu Poin Setelah Bertahan 88 Menit KontakPerkasa Futures, Cristiano Ronaldo mencibir Islandia yang cuma bertahan saat bermain imbang dengan Portugal. Gylfi Sigurdsson tak menangkal, karena timnya bertahan selama 88 menit.

Islandia menghadirkan salah satu kejutan terbesar hingga hari kelima Piala Eropa 2016. Berstatus debutan dan menjadi negara konstestan dengan jumlah penduduk paling sedikit, mereka bisa meredam Portugal yang diperkuat Cristiano Ronaldo. Laga kedua tim yang digelar Rabu (15/6/2016) dinihari tadi tuntas 1-1.

Lebih dulu tertinggal karena gol Nani di menit 31, Islandia mampu menyamakan kedudukan di awal babak kedua melalui Birkir Bjarnason. Meski tak menang, debut Islandia di Piala Eropa berakhir dengan gemilang.

Sebagai tim yang tidak diunggulkan, Islandia memilih bermain bertahan dalam laga tersebut. Solidnya pertahanan Islandia membuat Portugal dan Ronaldo frustrasi. CR7 dibuat ‘beku’ dalam laga tersebut.

Soal tudingan bahwa timnya memainkan sepakbola bertahan, Sigurdsson tak menyangkal. Islandia malah disebutnya bertahan selama 88 menit.

“Itu satu poin yang hebat. Itu pertandingan yang luar biasa sulit – kami bertahan mungkin selama 88 menit. Dan mungkin Anda bisa mendengar kalau saya kehilangan suara saya, karena kami (pemain) harus banyak bekerja, banyak berlari tanpa bola. Tapi kami sudah menunjukkan kalau bisa lebih dari sekadar bertahan selama 90 menit menghadapi tim-tim ini. Itu menunjukkan karakter tim ini saat tertinggal 0-1 atas tim seperti Portugal dan tetap bertahan di pertandingan,” ucap Sigurdsson di situs resmi UEFA.

Catatan pertandingan Whoscored menunjukkan ketimpangan permainan kedua tim. Portugal lebih dominan dalam penguasaan bola (70,4% : 29,6%).

Pun begitu dalam membangun serangan: Ronaldo cs total melepaskan 26 tembakan, dengan sembilan di antaranya on target. Sementara Islandia hanya membuat empat tembakan, tapi seluruhnya mengarah ke sasaran. Upan sukses Portugal juga jauh lebih baik dibanding Islandia, yakni 89% berbanding 57%.

“Hebat rasanya melihat kami cukup baik bermain di level ini. Hebat rasanya mendapatkan poin dari pertandingan pertama. Kini ada dua pertandingan lagi – satu kemenangan mungkin akan cukup untuk lolos, tapi kami menuntaskannya secepat mungkin dan memenangi pertandingan selanjutnya untuk memastikan hal itu,” lanjut Sigurdsson. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.