PT KONTAK PERKASA  FUTURES – Masih terlalu dini, tapi Islandia bisa saja mengulang sejarah 12 tahun lalu saat Yunani secara mengejutkan jadi juara Piala Eropa 2004. Islandia dan Yunani menapaki jalan yang mirip.

Yunani menghadirkan kejutan terbesar di sepanjang sejarah gelaran Piala Eropa saat mereka menjadi juara di edisi 2004. Sama sekali tidak diunggulkan, Theodoros Zagorakis dkk menjungkirbalikkan semua prediksi saat akhirnya mengalahkan Portugal di final dengan skor tipis 1-0.

Untuk Islandia di tahun ini, perjuangan untuk menyamai apa yang ditorehkan Yunani 12 tahun lalu masih sangat panjang. Untuk mengangkat trofi Henri Delaunay Cup mereka paling tidak harus menjalani tiga laga lagi.

Tapi ada beberapa kesamaan menarik dalam perjalanan Yunani menjadi juara dan apa yang tengah dilalui Islandia saat ini. Berikut beberapa persamaan Yunani dengan Islandia, seperti dikutip dari Marca:

– Islandia dan Yunani punya jumlah kemenangan dan imbang yang sama di babak kualifikasi, yakni enam kemenangan dan dua kekalahan.

– Islandia dan Yunani sama-sama berhadapan dengan Portugal di laga pembuka, keduanya juga sama-sama mencetak gol. Yunani menundukkan Portugal dengan skor 2-1, sementara Islandia bermain 1-1.

– Yunani lolos dari fase grup dengan membuat empat gol, di mana empat gol tersebut dibuat empat pemain berbeda. Islandia menyamai hal tersebut di fase grup Piala Eropa 2016 ini.

– Tiket ke semifinal Euro 2004 didapat Yunani setelah mereka mengalahkan Prancis. Pada 4 Juli mendatang Islandia akan berhadapan dengan Prancis untuk memperebutkan tiket ke semifinal.

– Dan seperti halnya Yunani yang kembali berhadapan dengan portugal di partai final, Islandia juga bisa bertemu lagi dengan Cristiano Ronaldo dkk di laga puncak. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES