Jelang Asian Games, Tim Pelatih Timnas U-23 Pantau Langsung LawanJakarta – Dua pekan menjelang perhelatan Asian Games 2014, staf pelatih tim nasional Indonesia U-23 meluangkan waktu untuk memantau langsung rival. Mereka berencana mengintip kekuatan lawan terberatnya yaitu Thailand.

Timnas U-23 tergabung di Grup E Asian Games 2014 bersama Timor Leste, Maladewa dan Thailand. Laga perdana yang akan dihadapi Bayu Gatra dkk adalah Timor Leste pada 15 September mendatang.

Pelatih Aji Santoso mengatakan pihaknya akan mengirimkan asistennya yakni Mustaqim untuk memantau langsung kekuatan Thailand. Hal itu dilakukan guna melihat perkembangan terbaru mereka, mengingat Thailand dinilai menjadi lawan terberat di Grup E.

Sebagai catatan, timnas U-23 pernah bertemu Thailand di ajang SEA Games 2013 lalu. Hasilnya, skuat ‘Garuda Muda’ selalu mengalami kekalahan, yaitu kalah 1-4 di babak penyisihan grup dan takluk 0-1 di partai final.

“Tanggal 6 coach Mustaqim akan ke Thailand untuk melihat pertandingan ujicoba Thailand vs Qatar di Bangkok. Ini sangat perlu karena BTN juga memberikan kesempatan untuk mengumpulkan data terbaru,” ungkap Aji saat dihubungi, Selasa (2/9/2014).

“Nanti datanya dibandingkan dengan rekaman video lama yang sudah ada. Dilihat bagaimana progress Thailand dan menyiapkan diri untuk lawan mereka dengan data terbaru,” sambungnya.

Terkait Maladewa dan Timor Leste, Aji menyebut hingga saat ini belum memiliki rencana untuk memantau kedua tim tersebut. Bukan karena menganggap enteng lawan-lawannya itu, tapi dia ingin menyerahkan tugas tersebut kepada tim HPU (High Performance Unit).

“Saya yakin HPU sudah ada data terbaru mereka dan rekamannya. Karena mereka ‘kan ditegaskan untuk men-support timnas dari sisi kelengkapan data itu. Bukan karena kami merasa tidak perlu, tapi Maladewa dan Timor Leste tidak bisa dianggap remeh begitu saja,” lanjutnya.

Di sisi lain, asisten pelatih timnas U-23 Mustaqim mengaku sudah mempersiapkan segala data yang diperlukan saat memantau langsung Thailand.

“Kami sudah mempersiapkan semua data. Dari pantau langsung, ada rekaman juga. Saya tidak sendiri, nanti ada staf HPU yang ikut, untuk memberikan dan mencatat lebih detail,” kata Mustaqim.

Artikel: kontakperkasa futures.