John Arne Riise Gantung Sepatu KontakPerkasa Futures, John Arne Riise memutuskan untuk menyudahi kariernya sebagai pesepakbola profesional. Mantan bek Liverpool itu mengumumkan pensiun di usia 35 tahun.

Aalesund, klub Liga Norwegia, menjadi klub pertama sekaligus klub terakhir Riise. Riise memilih untuk gantung sepatu karena merasa tak mampu lagi bermain di level tertinggi.

“Niat saya adalah bermain sepakbola di level teratas Norwegia sampai saya berumur 40 tahun. Namun, itu tidak terjadi dan harus berhenti di sini,” tulis Riise di situs pribadinya.

“Akhir-akhir ini, muncul sebuah perasaan yang benar-benar baru dalam diri saya, bahwa saya tak lagi cukup kuat untuk bermain di puncak performa. Saya ingin bermain sepakbola, tapi motivasi saya tidak cukup kuat untuk bersaing di level tertinggi. Tubuh ini — dan pikiran ini — sudah melalui begitu banyak hal dalam 20 tahun terakhir,” katanya.

Riise pertama kali meninggalkan Norwegia pada 1998 ketika direkrut oleh AS Monaco. Namanya kemudian makin berkibar setelah bergabung dengan Liverpool pada tahun 2001.

Selama berkostum The Reds, Riise memenangi satu trofi Piala FA, satu trofi Piala Liga Inggris, dua trofi Community Shield, dua trofi Piala Super Eropa, dan yang terpenting tentu saja gelar Liga Champions pada tahun 2005.

Dari Liverpool, Riise meneruskan petualangannya di AS Roma dan membela klub Italia itu selama tiga musim. Dia kemudian kembali ke Inggris dan bergabung dengan Fulham.

Riise juga pernah merumput di Siprus bersama APOEL dan di India bersama Delhi Dynamos. Pada bulan Maret silam, dia kembali ke Aalesund.

Di level internasional, Riise memperkuat timnas Norwegia sebanyak 110 kali dan mencetak 16 gol. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.