Juve Menang 3-1, Akhiri Catatan Buruk di Markas NapoliKontakPerkasa Futures, Juventus memetik kemenangan 3-1 ketika dijamu oleh Napoli. Hasil itu sekaligus mengakhiri catatan buruk ‘Nyonya Tua’ ketika bertamu ke markas Napoli.

Dalam laga giornata 18 Serie A di San Paolo, Senin (12/1/2015) dinihari WIB, Paul Pogba membuat tim tamu memimpin lewat golnya di menit ke-29. Itu juga menjadi satu-satunya gol di paruh pertama.

Di babak kedua Napoli menyamakan kedudukan melalui gol Miguel Angel Britos di menit ke-64. Tetapi cuma terpaut lima menit, Bianconeri kembali memimpin atas Partenopei lewat gol Martin Caceres. Di menit injury time Arturo Vidal memantapkan kemenangan Juve.

Hasil tersebut membuat Juve kokoh di puncak klasemen Serie A dengan 43 poin, unggul tiga angka dari AS Roma di posisi dua. Sementara Napoli menempati posisi empat dengan 30 poin, setara dengan Sampdoria di posisi lima dan tertinggal satu poin dari Lazio di peringkat tiga.

Kemenangan di San Paolo membuat Juve berhasil menang lagi di kandang Napoli setelah kali terakhir melakukannya pada 30 September 2000– dengan skor 2-1. Hasil kali ini sekaligus jadi sebuah revans tersendiri untuk Juve setelah akhir tahun lalu kalah adu penalti dari Napoli dalam Piala Super Italia 2014, setelah pertandingan tersebut berakhir 2-2 di waktu normal.

Jalannya Pertandingan

Napoli punya peluang oke di menit ke-18. Marek Hamsik berusaha bekerja sama dengan Gonzalo Higuain, meski intervensi Giorgio Chiellini bisa menghentikannya. Si kulit bundar lalu dikuasai Jonathan de Guzman meski tembakannya belum membuat bola mengarah tepat ke target.

 

Skor imbang berubah di menit ke-29. Fernando Llorent menguasai bola di kotak penalti, tetapi malah menghalangi sepakan Carlos Tevez. Bola lalu memantul ke arah tepi kotak penalti, dengan Paul Pogba langsung menyambut dengan tembakan voli yang tak kuasa dihadang Rafael.

Dua menit sebelum turun minum Tevez mengirim umpan terukur untuk Martin Caceres yang kemudian melanjutkan dengan tembakan walaupun bola masih mengarah tepat ke Rafael tanpa bisa mengubah kedudukan.

Di awal babak kedua kiper Juve Gianluigi Buffon berinisiatif untuk meninju bola dari sebuah sepak pojok sebelum dapat disongsong oleh Miguel Britos. Setelah itu usaha Pogba meneruskan operan dari Caceres kali ini tidak menemui hasil seperti golnya di babak pertama.

Dries Mertens yang baru masuk di menit ke-60 langsung membuat dampak positif buat Napoli. Empat menit berselang ia berhasil mengkreasikan gol balasan tim tuan rumah.

Dari tendangan penjuru di sisi kiri lapangan, Mertens mengirim bola ke depan gawang dan Miguel Angel Britos berhasil memenangi duel udara untuk mengirim bola ke dalam gawang Juve.

Lima menit setelah gol Napoli tersebut Juve kembali memimpin. Dari sebuah tendangan bebas, Andrea Pirlo melambungkan bola ke kotak penalti Napoli untuk disambut Caceres. Juve kini unggul 2-1.

Gawang Juve bergetar di menit ke-74, tetapi tidak ada gol yang tercipta karena wasit rupanya sudah meniup peluit tanda terjadinya sebuah pelanggaran yang menghasilkan tendangan bebas buat tim tamu.

 

Dari sebuah serangan balik cepat di menit injury time, Juve menambah keunggulan. Alvaro Morata, yang masuk di pertengahan babak kedua, menjadi kreator setelah operannya ke arah Vidal dapat diselesaikan dengan baik lewat tembakan keras. Juve menang 3-1.

Susunan Pemain

Napoli: Rafael; Maggio, Albiol, Koulibaly, Britos, David Lopez, Gargano (Zapata 83′), Callejon (Gabbiadini 73′), Hamsik (Mertens 60′), De Guzman, Higuain.

Juventus: Buffon; Caceres (Ogbonna 80′), Bonucci, Chiellini, Evra, Marchisio, Pirlo, Pogba (Lichtsteiner 70′), Vidal, Tevez, Llorente (Morata 75′). (hnm)

 

Artikel: kontakperkasa futures.