Juventus vs Roma Berebut Puncak Klasemen Serie AJakarta – AS Roma dan Juventus sama-sama belum terkalahkan di awal musim ini. Keduanya juga meraih 100% kemenangan dari lima laga terlewati. Akhir pekan ini I Lupi dan Bianconeri harus saling sikut, mencari pemuncak klasemen Serie A.

Kalau kini Juventus berada di posisi teratas sementara Roma di tangga kedua, itu hanya karena anak didik Masimilliano Allegri punya selisih gol lebih baik dibanding skuat besutan Rudi Garcia. Juventus punya selisih gol 10-0 sementara Roma 9-1.

Mempertimbangkan laga akan dilangsungkan di Juventus Stadium, tuan rumah dianggap akan punya keuntungan lebih besar. Itu bisa dimaklumi karena Gainluigi Buffon dkk punya rekor yang sangat bagus di kandang setelah terus menang dalam 21 pertandingan beruntun.

Kali terakhir Juventus gagal menang di kandang adalah saat diimbangi Cagliari 1-1 di akhir musim 2012/2013. Sementara kekalahan kandang terakhir terjadi pada Januari 2013 ketika ditundukkan Sampdoria 1-2.

Pergantian pelatih dari Antonio Conte ke Allegri juga terbukti tak banyak mengubah kekuatan Juventus. Kecuali tunduk atas Atletico Madrid dengan skor 0-1 di Liga Champions dinihari tadi, Juventus terus meraih kemenangan di semua laga kompetitifnya. Carlos Tevez masih tajam di depan sementara barisan belakang yang dikomandani Giorgio Chiellini juga tetap kokoh.

Roma pun datang dengan kondisi yang prima. Bekal teranyar mereka adalah raihan satu poin yang diperoleh setelah bermain 1-1 di kandang Manchester City.

Hebatnya, Roma mencatatkan rekor 100% kemenangan saat timnya dalam kondisi pincang lantaran banyak pemain dihantam cedera. Kevin Strotman sudah absen sejak musim lalu, Daniele De Rossi masih akan menepi sampai pertengahan Oktober, juga masih ada di ruang perawatan adalah Juan Iturbe, Davide Astori serta Leandro Castan.

Meski tanpa beberapa pilar, toh Roma masih bisa mengumpulkan kemenangan demi kemenangan. Selain hasil 100% di Serie A mereka juga sukses menggasak CSKA Moscow saat main di Stadion Olympico, dua pekan lalu.

Kompetisi memang nasih panjang, namun duel Juventus dengan Roma pada Minggu (5/10/2014) mendatang diyakini akan berjalan seru. Selain memperebutkan puncak klasemen, ini adalah duel antara dua tim terbaik di Seri A musim ini, pertarungan yang dianggap bisa ikut menentukan siapa peraih Scudetto di akhir musim.

Dari San Siro, AC Milan akan mencoba kembali ke jalur kemenangan saat menjamu Chievo. Setelah dapat banyak pujian karena meraih dua kemenangan di dua laga pertama, Milan terperosok cukup dalam. Rossoneri dikalahkan Juventus di kandang, berimbang 2-2 dengan Empoli dan diredam Cesena 1-1.

Lini belakang yang masih mudah ditembus akan jadi perhatian utama Milan dalam laga tersebut. Apalagi Chievo tak bisa dianggap remeh musim ini karena mereka empat mencuri kemenangan 1-0 saat bertamu ke Napoli di pekan kedua.

Juga punya ambisi bangkit adalah Inter Milan, setelah pekan lalu dipermalukan Cagliari 1-4 di kandang sendiri. Namun perjuangan Nerazzurri tidak akan mudah karena mereka harus menjalani lawatan ke Fiorentina. Meski baru sekali menang, La Viola punya potensi mengejutkan buat Inter. (hnm)

Jadwal Serie A di akhir pekan ini

Sabtu
Verona v Cagliari
Milan v Chievo

Minggu
Empoli v Palermo
Lazio v Sassuolo
Parma v Genoa
Sampdoria v Atalanta
Udinese v Cesena
Juventus v Roma
Fiorentina v Inter Milan
Napoli v Torino

Artikel: kontakperkasa futures.