Kalahkan Paraguay, Kolombia Lolos ke Perempatfinal KontakPerkasa Futures, Kolombia jadi tim pertama yang memastikan lolos ke babak perempatfinal Copa America Centenario. Ini setelah Los Cafeteros menang 2-1 atas Paraguay.

Pada laga kedua Grup A yang dihelat di Rose Bowl Stadium, Pasadena, California, Rabu (8/6/2016) pagi WIB, Kolombia tetap menurunkan James Rodriguez yang sebelumnya sempat divonis absen karena cedera dislokasi bahu.

James bersama Edwin Cardona dan Juan Cuadrado menopang Carlos Bacca yang dipasang sebagai striker tunggal. Kolombia memang kalah penguasaan bola dari Paraguay, yakni 43 persen berbanding 57 persen.

Namun, Kolombia bermain lebih agresif dengan menciptakan 16 attempts, tujuh di antaranya mengenai sasaran. Sementara itu Paraguay hanya bikin 10 attempts dengan empat on goal.

Di menit ke-12 Kolombia membuka keunggulan. Korner James mengarah ke kotak penalti dan Bacca mampu loncat mendahului bek Paraguay, Samudiom untuk menanduk bola tepat ke gawang.

Empat menit kemudian James melepaskan sepakan keras yang sempat membentur pemain lawan sebelum memaksa Justo Villar melakukan penyelamatan.

Di menit ke-24, Villar kembali melakukan penyelamatan atas gawangnya dari sebuah sepakan bebas yang ditanduk oleh Jeison Murillo di tiang jauh. Sayangnya, Villar harus terkapar karena berbenturan dengan Murillo.

Setengah jam pertandingan berjalan, Kolombia menggandakan keunggulan jadi 2-0. Bacca melewati dua pemain sebelum mengoper bola kepada Cardona yang menuntaskan dengan umpan tarik ke kotak penalti.

Di sana ada James yang melepaskan sepakan kaki kiri dan mampu melesakkan bola ke tiang jauh gawang Villar.

Paraguay sempat bikin gol pada menit ke-34 lewat Paulo Da Silva tapi dianulir karena lebih dulu terjebak offside. Skor 2-0 tetap bertahan untuk keunggulan Kolombia.

Di babak kedua Paraguay makin agresif menekan namun Kolombia mampu bertahan dengan baik.

Paraguay akhirnya mendapat gol yang diinginkan di menit ke-71 lewat Victor Ayala. Dari jarak 25 yard, Ayala melepaskan sepakan keras yang melesak mulus ke pojok atas gawang Paraguay.

Dalam misi mengejar ketertinggalan, Paraguay malah harus kehilangan Oscar Romero di menit ke-81 yang mendapat kartu kuning kedua usai melanggar pemain Kolombia, Guillermo Celis.

Hingga laga berakhir skor 2-1 tetap bertahan untuk kemenangan Kolombia dan mereka pun kokoh di puncak klasemen dengan 6 poin dari dua laga. Alhasil, anak asuh Jose Pekerman itu menjadi tim pertama yang lolos ke perempatfinal.

Pasalnya Kolombia terbantu dengan kemenangan 4-0 Amerika Serikat atas Kosta Rika beberapa jam sebelumnya. Saat ini AS menguntit Kolombia di posisi kedua dengan tiga poin, sementara Paraguay dan Kosta Rika di urutan ke-3 dan ke-4 dengan masing-masing satu poin.

Gol-gol AS dicetak penalti Clint Dempsey menit ke-8, Jermaine Jones menit ke-37, Bobby Shou Wood di menit ke-34, dan Graham Zusi di menit ke-87.

Susunan Pemain

Kolombia: Ospina; Arias, C. Zapata, Murillo, Diaz; Perez, Torres; Cuadrado, James, Cardona; Bacca.

Paraguay: Villar; B. Valdes, Gomez, Da Silva, Samudio; Almiron, R. Piris, Ortiz, Romero; Lezcano, E. Benitez. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.