Kalahkan Sampdoria, Juventus Naik ke Posisi Dua KontakPerkasa FuturesJuventus belum berhenti memetik hasil-hasil positif di Serie A. Di pekan ke-19, Bianconeri menang tipis 2-1 atas Sampdoria. Kemenangan ini makin mendekatkan Juve dengan puncak klasemen.

Bertandang ke Stadio Comunale Luigi Ferraris, Senin (11/1/2016) dinihari WIB, Juve tampil tanpa Claudio Marchisio yang terkena skorsing. Sementara itu, Andrea Barzagli dan Mario Mandzukic absen karena cedera.

Juve memimpin 1-0 lewat tembakan Paul Pogba pada menit ke-17. Kedudukan ini bertahan hingga babak pertama rampung.

Pada menit pertama babak kedua, Juve menggandakan keunggulannya melalui sepakan Sami Khedira. Sampdoria memperkecil ketertinggalannya lewat gol Antonio Cassano pada menit ke-64. Akan tetapi, hingga laga berakhir, Juve berhasil mempertahankan keunggulannya.

Berkat kemenangan ini, Juve naik ke peringkat kedua di klasemen Serie A. Mereka mengumpulkan 39 poin, terpaut dua poin dari Napoli yang berada di posisi teratas. Sementara itu, Sampdoria duduk di posisi ke-13 dengan 23 poin.

Jalannya Pertandingan

Percobaan Hernanes pada menit ke-16 belum menghasilkan gol untuk Juventus. Tembakan kaki kirinya dari luar kotak penalti masih bisa dimentahkan kiper Sampdoria, Emiliano Viviano.

Tapi, Juve benar-benar unggul semenit kemudian. Pogba mengontrol umpan lambung dari Leonardo Bonucci dengan dadanya, lalu membalikkan badan dan menembak ke arah tiang jauh. Meski tembakan Pogba tak terlalu kencang, Viviano tak bisa menjangkaunya.

Hanya beberapa saat setelah babak kedua dimulai, Juve berhasil menambah keunggulannya. Khedira yang mendapatkan umpan terobosan dari Paulo Dybala dengan tenang menaklukkan Viviano.

Pada menit ke-59, Hernanes kembali menjajal peruntungannya lewat tembakan dari luar kotak penalti. Namun, usahanya masih sedikit melenceng.

Semenit kemudian, Eder berpeluang memperkecil ketertinggalan Sampdoria. Sial buat dia, sundulannya dari jarak dekat masih melebar.

Tembakan Dybala dari luar kotak penalti masih bisa ditepis Viviano. Sementara itu, Alvaro Morata yang menyambut umpan lambung Hernanes dengan sundulan sambil menjatuhkan diri tak berhasil bikin gol karena arah sundulannya melenceng.

Cassano menjebol gawang Juve pada menit ke-64 untuk mengubah skor menjadi 1-2. Dia bermain umpan satu-dua dengan Carlos Carbonero sebelum mengirim bola ke pojok bawah gawang. Gianluigi Buffon cuma terdiam melihat si kulit bundar menembus gawangnya.

Beberapa menit kemudian, Sampdoria nyaris menyamakan skor. Fernando punya ruang terbuka di luar kotak penalti Juve dan dengan bebas melepaskan tembakan. Namun, tembakan Fernando masih melebar.

Pogba berpeluang mencetak gol keduanya pada menit ke-75. Dia berhasil mengontrol umpan terukur dari Giorgio Chiellini, namun penyelesaiannya cuma menerpa sisi luar jala gawang.

Upaya Ervin Zukanovic untuk menyamakan skor pada menit ke-88 juga tak membuahkan hasil. Sundulan Zukanovic meneruskan tendangan bebas Fernando masih melambung di atas gawang Juve.

Di injury time, Sampdoria kehilangan satu pemainnya. Niklas Moisander diganjar kartu merah langsung akibat tekel kerasnya terhadap Simone Zaza.

Susunan Pemain
Sampdoria: Viviano; Cassani, Moisander, Zukanovic, Regini; Soriano (Ivan 36), Fernando, Barreto (Muriel 73); Carbonero, Eder (Rodriguez 85); Cassano

Juventus: Buffon; Rugani, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner (Cuadrado 65), Khedira, Hernanes, Pogba, Evra; Morata (Zaza 77), Dybala (Padoin 89). (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.