PT KONTAK PERKASA FUTURES – Kartu kuning kedua Mario Balotelli lawan Lorient dihapus, membuat kartu merahnya di laga itu dianulir alias dianggap tak ada. Ia pun urung menjalani sanksi larangan bermain otomatis.

Penyerang asal Italia yang kini membela Nice itu dikartu merah, akibat dua kartu kuning, di partai Ligue 1 akhir pekan lalu. Akibat hal itu Balotelli sejatinya harus menjalani sanksi larangan main otomatis.

Kartu kuning kedua itu sendiri didapat Balotelli lantaran bersitegang dengan pemain Lorient, Steven Moreira, yang ketika itu juga dikartu kuning.

Akan tetapi, wasit Olivier Thual yang memimpin laga tersebut kemudian mengaku telah bikin kesalahan dalam keputusannya mengeluarkan kartu kuning pada insiden tersebut.

“Olivier Thual sudah melihat kembali pertandingan tersebut,” kata Direktur Teknik Wasit Ligue de Football Professionnel Pascal Garibian kepada L’Equipe.

“Tentu saja ia sepakat bahwa dua kartu kuning (buat Balotelli dan Moreira) terburu-buru dikeluarkan dan harusnya tidak diberikan. Wasit itu setuju untuk menjadikannya catatan resmi kepada komite disiplin.

“Setelah itu tergantung kepada mereka (komite disiplin) untuk menilai apakah tindakan lebih lanjut dibutuhkan,” bebernya.

Pada hari Kamis (6/10/2016) waktu setempat, sebagaimana diwartakan Soccerway, komite disiplin telah merilis temuannya dan mengonfirmasi bahwa kartu kuning kedua Balotelli dianggap tidak ada. Artinya kartu merah Balotelli dianulir. Dengan demikian ia dapat bermain ketika Nice menjamu Lyon pada pertandingan Ligue 1 berikutnya.

Balotelli menjalani start impresif bersama Nice. Pemain yang sebelumnya membela Liverpool itu membuat enam gol dalam lima penampilan di seluruh ajang setelah bergabung dengan klub Prancis yang kini memuncaki klasemen sementara Ligue 1 tersebut. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES