Ke Mana Perginya Bola-bola Piala Dunia Setelah Turnamen BerakhirJakarta – Tahukah Anda kalau sepanjang Piala Dunia 2014 Adidas menyiapkan 3.240 bola untuk dimainkan? Setelah turnamen berakhir, apa yang dilakukan FIFA terhadap ribuan Brazuca tersebut?

Sesuai aturan FIFA, untuk setiap pertandingan Piala Dunia wajib tersedia 20 buah bola. Bola-bola tersebut tidak bisa digunakan untuk pertandingan berbeda karena di sisinya tercetak tanggal pertandingan, venue, dan dua tim yang bertarung. Artinya untuk 64 pertandingan saja Adidas harus menyiapkan 1.280 bola. Itu belum termasuk yang digunakan untuk latihan masing-masing tim. Total ada 3.240 buah Brazuca dipakai di Brasil sepanjang Juni-Juli lalu.

Usai turnamen tuntas sebagian orang mungkin berpikir bola-bola tersebut akan disumbangkan ke sekolah-sekolah di Brasil atau hal lain terkait kegiatan sosial FIFA. Tapi pada kenyataannya tidak begitu.

“Bola-bola itu dijadikan souvenir turnamen yang dibagikan ke tim, wasit, kota-kota tuan rumah, rekanan FIFA dan museum FIFA,” ungkap seorang jurubicara FIFA pada Guardian.

Karena jumlahnya yang ribuan, tentunya tidak semua dijadikan souvenir. Adidas memilih membagikan pada rekanan pemasaran mereka di masing-masing kota. Dari rekanan pemasaran di banyak kota di Brasil tersebut kemudian digelar sayembara supaya bola tersebut bisa juga sampai ke tangan penduduk Brasil yang beruntung.

“Untuk Piala Dunia ini, bola-bola yang dipakai untuk pertandingan kami berikan pada tim marketing di negara bersangkutan yang terlibat secara langsung dengan pertandingan tersebut. Tapi, tidak semua rekan memilih opsi ini. Setiap market lokal kita dukung untuk membuka fans memiliki kesempatan memenangi bola tersebut melalui media sosial,” demikian pernyataan Adidas.

Jadi jangan kira bola-bola Piala Dunia kini tengah dimainkan anak-anak Brasil di Pantai Copacabana atau di antara jalan-jalan kecil Rio de Jainero. Rekanan FIFA dan bagian pemasaran Asosiasi Sepakbola Brasil lah yang saat ini memegang Brazuca-Brazuca tersebut.

Artikel: kontakperkasa futures.