Kebocoran baterai kembali terjadi pada Boeing Dreamliner di JepangAFP, (15/01) – Japan Airlines (JAL) mendapatkan larangan terbang untuk salah satu jet Dreamliner-nya setelah ditemukan “asap putih” yang tampaknya berasal dari sistem baterai selama melakukan check-up sebelum keberangkatan.

Seorang staf pemeliharaan melihat adanya peringatan untuk masalah sistem baterai serta asap putih yang berada di luar jendela ketika bekerja di dalam kokpit untuk keberangkatan pesawat ke Bangkok pada hari Selasa, kata maskapai Jepang tersebut.

Pesawat tersebut akhirnya digantikan dengan Boeing 787, yang berangkat sesuai jadwal pada hari Selasa dengan membawa 169 penumpang dan awak pesawat.

Insiden itu terjadi setahun setelah masalah baterai membuat Boeing 787 mendapatkan larangan terbang di seluruh dunia.

Pada hari Rabu JAL mengatakan akan tetap menerbangkan pesawat Dreamliner-nya.

“Kami memastikan keselamatan dari setiap pesawat sebelum keberangkatan. Kami akan terus melakukan penerbangan secara reguler (dengan Dreamliner),” kata juru bicara JAL, Norihisa Hanyu.

Dalam pesawat yang terkena masalah tersebut, JAL menemukan salah satu dari delapan sel lithium-ion dalam sistem baterai mengalami kebocoran.

 Artikel: kontakperkasa futures.