PT KONTAK PERKASA FUTURES – Everton melanjutkan laju positif mereka dengan menundukkan Sunderland 3-0. Namun, kemenangan tersebut tidak didapat dengan mudah. Manajer Everton, Ronald Koeman, pun sempat marah-marah.

Kemenangan Everton yang didapat di kandang Sunderland, Stadium of Light, Selasa (13/9/2016) dini hari WIB, membuat Everton naik ke urutan ketiga klasemen. Mereka jadi satu dari tiga tim –selain Manchester City dan Chelsea– yang belum terkalahkan di Premier League 2016/2017 sejauh ini.

The Toffees kini mengoleksi 10 poin, sama dengan nilai Chelsea dan hanya tertinggal dua poin di belakang City. Untuk catatan ini, Everton layak berterima kasih kepada Romelu Lukaku, yang mencetak tiga gol ke gawang Sunderland.

Namun, sebelum Lukaku mencetak tiga gol di babak kedua, Everton sempat tampil buruk di babak pertama. Setidaknya demikianlah menurut Koeman. Lantaran timnya bermain di bawah standar itulah Koeman marah-marah di ruang ganti saat turun minum.

“Saya kecewa dengan penampilan kami di 45 menit pertama. Itu bukan Everton yang ingin saya lihat. Kami dengan mudahnya kehilangan bola dan terlalu banyak pemain tampil di bawah standar dari sisi penguasaan bola,” ujar Koeman kepada Sky Sports.

“Tapi, di babak kedua, kami tampil seperti yang saya inginkan. Permainan kami baik, pressing kami juga baik, dan kami punya kesempatan untuk mencetak lebih banyak gol.”

“Saya bilang kepada para pemain, saya kesal. Kami memang bertahan dengan baik, tapi lini tengah kami terlalu sering kehilangan bola. Terkadang, kita harus membuat keputusan sulit di saat jeda dan berharap respons yang bagus juga setelahnya, dan itulah yang terjadi di babak kedua.”

“Saya tahu seperti apa pemain saya dan saya tahu apa yang bisa mereka tunjukkan. Dan itulah yang mereka tunjukkan di babak kedua,” kata Koeman.

Total, ada 20 percobaan untuk mencetak gol (attempts) yang dilakukan Everton pada laga dini hari tadi. Namun, hanya 9 yang mengarah tepat sasaran.

Kendati begitu, catatan tersebut masih jauh lebih baik daripada catatan Sunderland. Dari 11 percobaan yang dilepaskan pemain-pemain The Black Cats, hanya 2 yang mengarah tepat sasaran. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES