Kembalinya MU ke Liga Champions Diharapkan Buat De Gea Bertahan KontakPerkasa Futures, Manchester United akan kembali tampil di Liga Champions pada musim depan setelah absen semusim. Hal tersebut diharapkan akan membuat David de Gea tak tergoda untuk hengkang dari ‘Setan Merah’.

MU kemungkinan besar akan mengakhiri musim ini di peringkat keempat klasemen akhir Premier League. Dengan demikian, mereka dipastikan mendapatkan tiket ke Liga Champions musim depan meskipun harus lebih dulu melewati babak play-off.

Kembali bermain di kompetisi bergengsi seperti Liga Champions tentu akan meningkatkan motivasi para pemain MU, tak terkecuali De Gea. De Gea pun diharapkan menjadikan hal itu sebagai salah satu alasan untuk bertahan di Old Trafford.

Dalam beberapa waktu terakhir, pembicaraan soal masa depan De Gea terus menghiasi media massa. Kiper asal Spanyol itu santer dikabarkan tengah diincar oleh Real Madrid.

Situasi jadi makin rumit karena kontrak De Gea dengan MU tinggal tersisa semusim. Artinya, kalau tak ada kontrak baru, maka De Gea bisa bebas pergi tanpa biaya transfer pada tahun depan.

“Secara pribadi, saya ingin dia bertahan karena saya pikir dia sudah melakukan pekerjaan yang fantastis. Saya berharap daya tarik Liga Champions bisa membujuk David, tapi cuma ada satu orang yang tahu jawaban ke mana dia ingin pergi,” ujar mantan pelatih kiper MU, Eric Steele, kepada Sky Sports News HQ.

Steele punya peran penting dalam karier De Gea di MU. Saat De Gea baru tiba di Old Trafford pada 2011, dialah yang membantunya beradaptasi dengan sepakbola Inggris.

“Kami tahu apa yang kami beli. Kami saat itu membeli pemain yang punya potensi menjadi salah satu kiper terbaik di dunia, bukan cuma di Eropa,” tutur Steele.

“Sir Alex (Ferguson) punya keyakinan besar pada pemain-pemain muda selama 27 tahun (melatih MU), tapi dia tak pernah merekrut kiper yang baru berumur 19 tahun,” tambahnya.

“Namun, dia mendukung penuh kiper itu dan kami sudah memprediksi akan melihat kiper yang empat tahun kemudian Anda lihat seperti sekarang. Kami tahu itu akan butuh waktu,” ujar Steele, yang meninggalkan MU pada 2013 setelah kedatangan David Moyes.

“Peter Schmeichel tidak bergabung dengan United sampai dia berusia 28 tahun. Edwin van der Sar masih di United ketika dia berumur 40 tahun. Tahun-tahun terbaik (De Gea) belum datang,” tambahnya.

“Pada usia 24 tahun, dia sudah memenangi Liga Europa, dia memenangi dua gelar Piala Eropa U-21. Dia adalah seorang juara. Saya menganggapnya termasuk empat atau lima kiper terbaik di dunia. Tapi, sekali lagi, dia masih belajar,” kata Steele. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.