eropamunggahBursa saham Eropa naik ke tertinggi enam tahun ditengah laba ThyssenKrupp AG hingga Airbus Group NV yang lebih baik dari perkiraan.

Saham ThyssenKrupp naik 4.1 persen setelah meningkatkan perkiraan laba setahun penuh. Saham Airbus naik 6.2 persen. Saham Pandora A/S melonjak 8.1 persen setelah meningkatkan perkiraan penjualannya. Saham Telecom Italia SpA turun 5.2 persen setelah pendapatan kuartalan meleset dari perkiraan.

Indeks Stoxx Europe 600 gain 0.3 persen ke level 341.89 pada penutupan perdagangan di London. Indeks tersebut telah naik 7.7 persen dari terendah dalam tahun ini pada 4 Februari yang lalu pasca aktivitasa merger dan akuisisi meningkat dan Ketua Bank Sentral Eropa (ECB), Mario Draghi mengatakan bahwa para pembuat kebijakan siap untuk mengambil tindakan pada bulan Juni mendatang.

Sementara itu di Jerman, prediksi indeks investor dan analis dari Center for European Economic Research (ZEW) – Institute yang berfokus terhadap pengambilan keputusan di bidang politik, ekonomi, administrasi dan ilmuwan berkedudukan di Mannheim, Jerman – turun ke angka 33.1 bulan ini dari angka 43.2 di bulan April, yang juga meleset dari perkiraan.

Indeks Stoxx 600 naik hari sebelumnya terhadap spekulasi bahwa Bundesbank terbuka untuk lebih banyak stimulus. Sentral Bank Jerman bersedia mendukung langkah-langkah yang akan di ambil oleh Bank Sentral Eropa (ECB) dalam pertemuan bulan depan jika perkiraan staf menunjukkan outlook inflasi pada 2016 lebih rendah, menurut laporan Wall Street Journal.

Artikel: kontakperkasa futures.