Ketegangan Politik Ukraina & Ekonomi China Dongkrak Emas Dekati Level 6 Bln TertingginyaSINGAPORE , Emas diperdagangkan dekati level 6 bulan tertingginya pada hari Kamis ini akibat para investor berupaya melindungi nilai asset mereka terkait ketegangan geopolitik di Ukraina dan kekhawatiran pelambatan ekonomi di China.

Spot emas diperdagangkan flat pada level $1,365.10 per ounce pukul 00:17 GMT, setelah sebelumnya naik 1.3% pada hari Rabu lalu. Logam mulia mencapai level $1,370.60 pada sesi sebelumnya, tertingginya sejak tanggal 19 September tahun lalu.

Uni Eropa menyetujui kerangka kerja pada Rabu lalu terkait sanksi kepada Rusia, respon yang sangat kuat dari yang diperkirakan terkait krisis Ukraina dan menandai solidaritas dengan Washington atas apa yang telah dilakukan Moscow di Crimea.

Pasar sedang fokus pada rilis data ekonomi China pada hari Kamis ini guna mengkaji pertumbuhan ekonomi negeri Tirai Bambu tersebut, setelah baru-baru ini China mengalami gagal bayar obligasi dan merosotnya ekspor yang menyebabkan ekuitas dan logam mulia menurun.

SPDR Gold Trust, reksdana berbasis emas terbesar di dunia, menyatakan bawa kepemilikan emas menurun 1.50 ton menjadi 811.20 ton pada hari Rabu lalu.

Titan Co Ltd yang merupakan ritel perhiasan perhiasan terbesar di India berharap akan memulai ekspor di tahun fiskal mendatang guna menaikkan volume penjualan emas yang telah terkena dampak oleh peraturan negara tersebut mengenai impor emas.

 Artikel: kontakperkasa futures.