Ketika FIFA Membayar Irlandia untuk Bungkam Atas Handball Henry KontakPerkasa Futures, Di tengah gencarnya sorotan terhadap FIFA belakangan ini, muncul cerita baru terkait federasi sepakbola dunia tersebut. Muncul pengakuan bahwa FIFA membayar federasi sepakbola Republik Irlandia (FAI) untuk tutup mulut terkait insiden handball Thierry Henry.

Insiden handball tersebut, yang terjadi di playoff kualifikasi Piala Dunia 2010, amat kontroversial lantaran menentukan lolosnya Prancis ke Piala Dunia dan membuat Irlandia tersingkir.

Ketika itu, pada laga yang berlangsung di Stadion Stade de France, 18 November 2009, Henry menahan bola dengan tangannya sebelum memberikan assist kepada William Gallas. Gol Gallas mengubah kedudukan menjadi 1-1 dan membuat Prancis melaju ke Afrika Selatan dengan agregat 2-1.

Irlandia tentu saja berang. Mereka sempat melakukan protes, namun wasit Martin Hansson tetap bersikukuh bahwa gol tersebut sah. FAI pun langsung berniat mengajukan gugatan atas disahkannya gol Gallas tersebut.

Namun, Irlandia urung mengajukan gugatan setelah FIFA memberikan “uang damai” dan meminta mereka untuk tutup mulut.

“Semua ini tercatat dalam laporan keuangan kami, yang mana diaudit secara independen. FAI menerima kesepakatan damai dengan FIFA untuk menghindari proses hukum yang bisa memakan waktu dan biaya,” demikian pernyataan FAI seperti dilansir BBC.

Guardian menyebut, FIFA membayar FAI sebesar 3,67 juta poundsterling untuk bungkam. Namun, FAI, lewat ketua mereka, John Delaney, enggan untuk menyebut nilainya. Ini disebabkan perjanjian kerahasiaan yang telah mereka sepakati sebelumnya.

Prancis kemudian tergabung bersama dengan Uruguay, Meksiko, dan Afrika Selatan di Grup A putaran final turnamen. Namun, mereka tak sekali pun meraih kemenangan di grup itu.

Bertanding tiga kali, Prancis meraih satu hasil imbang dan menelan dua kekalahan. Imbasnya, mereka terdampar sebagai juru kunci grup. (hnm)

 

Artikel: kontakperkasa futures.