KHASIAT DAN MANFAAT BIJI PEPAYA UNTUK ATASI RAMBUT UBAN, GINJAL, SIROSIS HATI, CACINGAN, DIARESaat kita makan buah pepaya pasti kita buang bijinya, namun jika anda mempunyai masalah kesehatan dengan ginjal dan pencernaan atau lambung, ada baiknya jangan dibuang biji pepaya karena punya khasiat obat.  Penggunaan biji pepaya untuk obat sebenarnya sudah lama dikenal, dimana secara tradisional biji pepaya digunakan untuk obat cacingan, masuk angin, diare, penyakit kulit, penghitam rambut, gangguan pencernaan dan juga sebagai kontrasepsi.
 Kandungan senyawa kimia dalam biji pepaya antara lain alkaloid, steroid, tanin, dan juga minyak atsiri dan lemak tak jenuh dalam jumlah tinggi, asam oleat dan asam palmiat.  Selain itu, biji pepaya juga diketahui mengandung senyawa kimia golongan fenol, terpenoid juga saponin. Senyawa ini bersifat sitoksik, anti-androgen dan berefek estrogenik.

Biji pepaya juga mengandung karbohidrat dalam jumlah kecil, air, abu, protein, dan juga lemak.  

Melindungi ginjal. 
hasil Ppenelitian telah menemukan kalau dari ekstrak biji pepaya dapat melindungi ginjal dari racun yang diakibatkan oleh ginjal yang rusak atau gagal ginjal.  

Sirosis hati
Dalam pengobatan di Negara Cina diyakini kalo sesendok teh biji pepaya dapat membantu detoksifikasi hati. Biji pepaya juga sering direkomendasikan oleh para dokter secara alami dalam pengobatan pada sirosis hati.

Rambut Beruban. 
Kandungan senyawa Glucoside carcirindan di dalam biji pepaya bisa digunakan sebagai bahan penghitam rambut.
cara 1.  Gongseng 30 biji pepaya, tumbuk sampai halus, campurkan dengan 1 sendok minyak kelapa, gosokkan pada kulit kepala yang beruban;
cara 2.  Jemur 2 sendok makan biji pepaya sampai kering, sangrai sampai hangus, tumbuk sampai halus, campurkan sedikit minyak kelapa, aduk rata. Oleskan pada kulit kepala yang sudah dikeramas. Gunakan sebelum tidur.
Cacing gelang. 
Penyakit cacingan pada anak juga sangat baik dibasmi dengan biji pepaya, bahkan sangat ampuh untuk basmi cacingan.
Cara 1. Ambil kira-kira  2 sendok makan biji pepaya, giling halus, seduh dengan 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu, minum panas-panas.
Cara 2. Ambil sekitar 2 sendok biji pepaya, lumatkan, seduh dengan 1/2 gelas air, beri 1 sendok makan madu. Minum selagi hangat sekali sehari.
Diare. 
Keringkan segenggam biji pepaya, tumbuk halus. Seduh seperti menyeduh teh. Minum 3 kali sehari 1 gelas.(hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.