Kiraly, Paling Tua yang Masih Seperti Keladi KontakPerkasa Futures, Gabor Kiraly sah sebagai kiper tertua yang tampil dalam Piala Eropa. Kiper berjuluk Sang Pria Piyama itu menambah istimewa torehannya tersebut dengan menjadikan dirinya kiper Hongaria pertama yang mencetak clean sheet.

Kiraly menjadi starter saat Hongaria melakoni laga pertama pada fase Grup F. Bermain di Stade de Bordeaux, Selasa (14/6/2016) malam WIB, Hungaria menang 2-0 atas Austria.

Bukan hanya dua pencetak gol untuk Hongaria, Adam Szalai dan Zoltan Stieber, yang jadi lakon dalam pertandingan itu. Tapi, sang kiper Kiraly juga menjadi tokoh utama.

Pertama, penampilannya yang sip berhasil menyelamatkan gawang Hongarai dari kebobolan. Opta mencatat dia kiper pertama yang berhasil menjaga gawang timnas Hongaria clean sheet hingga akhir pertandingan.

Dalam laga itu, Kiraly tampil dengan gaya andalannya yang sudah terlanjur melekat: mengenakan celana panjang abu-abu mirip celana tidur. Soal penampilan, dia berhasil membuat sejumlah penyelamatan penting, termasuk menghentikan tembakan Zlatko Junuzovic pada menit 35. Dia juga berhasil tembakan David Alaba.

Nah, keistimewaan kedua Kiraly menciptakan penampilan gemilangnya tersebut pada usia 40 tahun dan 74 hari. Dia pun menjadi pemain tertua di Piala Eropa, bukan hanya tahun ini tapi sepanjang masa, yang turun bermain. Kalau tak turun ke lapangan rekor tertua itu bisa menjadi milik kiper Republik Irlandia, Shay Given, yang usianya 19 hari lebih muda ketimbang Kiraly. Tapi, Kiraly seperti yang dibilang pantun jenaka: dia tua-tua keladi, makin tua makin jadi.

“Kiraly pantas mendapatkan penghargaan setelah kerja kerasnya selama bertahun-tahun,” kata pelatih timnas Hongaria, Bernd Storck, seperti dikutip Soccerway.

Pujian juga diberikan rekan satu timnya, Laszlo Kleinheisler. “Saya ingin memberikan selamat kepada Kiraly dan Zoltan Gera. Mereka lebih tua kini tapi saya senang memiliki mereka dalam tim ini,” tutur dia.

UEFA mencatat sebelum Kiraly pemain tertua di Piala Eropa ‘hanya’ berusia 39 tahun dan 91 hari. Dia gelandang timnas Jerman, Lothar Matthäus, yang turun saat timnya menghadapi Portugal pada Piala Eropa 2000. Di laga itu dia sekaligus mencatatkan 150 caps bersama timnas Jerman.

Matthaus mengambil rekor itu dari pemain Denmark, Masrten Olsen, yang tampil di Piala Eropa 1988. Saat Denmark mengalahkan Italia dia berusia 38 tahun dan 308 hari. Kalau diurutkan, Olsen ‘menang tua’ atas kiper Inggris, Peter Shilton, yang berumur 37 tahun saat tampil dua hari lebih awal pada turnamen serupa.

Baru melewati pertandingan pertama, Kiraly sudah bikin sejarah. Menilik angka-angka istimewa lain yang berkaitan dengan usia, Kiraly masih berpeluang untuk menambah panjang daftar rekor miliknya. Tentunya dengan embel-embel tertua. Antara lain, pemain tertua yang juara, pemain tertua di final, dan pemain tertua yang cetak gol. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.