Kisah Balthazar si Ayam Jago yang Dilarang Nonton Langsung Partai Euro KontakPerkasa Futures, Balthazar sudah jadi semacam maskot tak resmi tim nasional Prancis nyaris dua dekade. Tapi saat Piala Eropa digelar di rumah sendiri, Balthazar justru dilarang masuk stadion.

Nama Balthazar si ayam jago, kepunyaan dari penggila bola bernama Clement Tomaszewski yang konon sudah nonton langsung lebih dari 220 partai internasional sejak 1982, mulai kondang ketika Prancis menjuarai Piala Dunia 1998 di negeri sendiri.

Sudah 18 tahun berlalu dan telah ada banyak pertandingan sepakbola yang disaksikan langsung Tomaszewski dan Balthazar secara bersama-sama. Balthazar sendiri sudah digantikan secara estafet oleh ayam jago lain yang terus berperan mengusung nama besarnya.

Akan tetapi, menjelang perhelatan Piala Eropa 2016 ini Tomaszewski justru dapat surat tak enak dari UEFA. Federasi Sepakbola Eropa itu memintanya tak usah membawa Balthazar ke stadion untuk partai-partai musim panas nanti.

“Ayam jago saya ini bagian dari legenda persepakbolaan Prancis dan saya tidak bisa membawanya nonton ke satu pertandingan pun,” ucap Tomaszewski seperti dikutip BBC.

Dalam surat tersebut, UEFA menyatakan bahwa petugas keamanan akan mendapat instruksi tegas termasuk di antaranya melarang hewan hidup untuk masuk ke stadion.

“Walaupun bagus, kehadiran ayam jago Anda bakal membuat diri Anda berada dalam posisi sulit saat berhadapan dengan tim keamanan,” jelas surat tersebut.

Akan tetapi, Tomaszewski bersikeras tidak akan menyaksikan satu pertandingan pun, termasuk partai pembuka saat Prancis menghadapi Rumania pada 10 Juni, jika tidak ditemani oleh Balthazar.

“Balthazar akan ada di seluruh pertandingan (Prancis) di Piala Eropa. Jika ia tidak diperbolehkan masuk maka saya pun tidak akan masuk,” ucap Tomaszewski yang punya tiket untuk seluruh laga Prancis. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.