PT KONTAK PERKASA FUTURES – Kiwi menguat lebih lanjut di sesi Asia Selasa (23/8), meski pernyataan dari Gubernur RBNZ Graeme Wheeler tentang ruang lingkup penurunan suku bunga lebih lanjut, sedangkan Aussie dan yen menguat dalam data regional yang ringan.

NZD/USD diperdagangkan pada 0,7298, naik 0,36%, sedangkan AUD/USD berpindah ke 0,7635, naik 0,20% dan USD/JPY diperdagangkan di 100,13, turun 0,20%.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, terakhir dikutip pada 94,46, turun 0,06%.

Pelaku pasar terfokus pada pidato Ketua Fed Janet Yellen yang sangat diantisipasi pada pertemuan tahunan para bankir bank sentral tingkat atas dan ekonom di Jackson Hole, Wyoming, minggu ini tentang petunjuk baru waktu kenaikan suku bunga AS berikutnya.

Berdasarkan Perangkat Monitor Suku Bunga Fed, investor menghargai kesempatan 18% dari kenaikan suku bunga pada bulan September, naik dari hanya 6% pada awal pekan lalu. Peluang Desember berada di sekitar 52%, dibandingkan dengan 46% pada hari Jumat.

Semalam, dolar hapus keuntungan terhadap mata uang utama lainnya dalam perdagangan yang tenang pada hari Senin, tetapi berharap kenaikan suku bunga AS yang mungkin terjadi sebelum akhir tahun masih memberikan dukungan terhadap greenback.

Dolar tetap terdukung setelah Wakil Ketua Federal Reserve Stanley Fischer pada hari Minggu mencatat kenaikan kuat pasar tenaga kerja AS di bawah ekspansi ekonomi saat ini yang dekat dengan tujuan Fed dalam pekerjaan maksimum dan stabilitas harga. Presiden Federal Reserve San Francisco John Williams pada hari Kamis mengisyaratkan dukungan atas kenaikan suku bunga bulan September.

“Dalam konteks ekonomi domestik yang kuat dengan momentum yang baik, masuk akal untuk kembali dalam laju bertahap peningkatan suku bunga, sebaiknya lebih awal daripada kemudian,” katanya.

Risalah pertemuan kebijakan Federal Reserve bulan Juli yang diterbitkan awal pekan ini menunjukkan bahwa anggota komite tetap terbagi dalam waktu kenaikan suku bunga berikutnya, meskipun ada kesepakatan umum bahwa dibutuhkan lebih banyak data sebelum langkah tersebut dilaksanakan. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES