PT KONTAK PERKASA FUTURES – Juergen Klopp menegaskan kesabaran akan sangat krusial untuk membawa Liverpool berkembang lebih jauh lagi. Sebab skuatnya saat ini berisi pemain-pemain muda.

Liverpool menjalani start yang relatif bagus di Premier League musim ini. Mereka memetik lima kemenangan dari tujuh pekan, tiga kemenangan di antaranya dipetik dari laga-laga sulit melawan Arsenal, juara bertahan Leicester City, dan Chelsea.

Selain itu mereka juga mendapatkan satu poin dari laga sulit melawan Tottenham Hotspur. Hanya Burnley yang sejauh ini berakhir mengecewakan untuk Liverpool karena mereka kalah.

Klopp menjanjikan Liverpool yang saat ini bukanlah Liverpool di titik puncak. Dia menekankan bahwa dengan skuatnya yang rata-rata berisi pemain muda, level terbaik masih jauh.

Liverpool saat ini menempati urutan dua tim dengan rata-rata usia termuda di Premier League, yakni 25,5 tahun. Mereka hanya kalah dari Tottenham Hotspur dengan rata-rata 25,1 tahun.

Klopp menyebut, timnya akan bisa berkembang lebih jauh lagi dengan bersabar dan senantiasa yakin.

“Saya bisa tetap positif bahkan ketika tidak satupun bersikap positif lagi. Anda perlu menciptakan sebuah atmosfer di tim di mana mereka mendengar saya dan bukannya mendengar ke sekeliling,” kata Klopp di situs resmi klub.

“Mereka adalah bocah-bocah yang masih sangat muda. Kita semua memimpikan para pemain berpengalaman di masa lalu, tapi pada satu titik dalam karier mereka, mereka adalah para pemain muda tanpa kualitas yang sama sebelumnya.”

“Kita perlu memberikan mereka kesempatan untuk berkembang dan mencapai level berpengalaman. Kita selalu menilai begitu cepat. Tapi saya sangat sabar. Saya tahu kami perlu waktu tapi juga bukan berarti kami tidak bisa bisa sukses sekarang,” tambahnya. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES